Netral English Netral Mandarin
banner paskah
21:04wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Wah, Satpol PP Bakal Tutup Kafe Brotherhood Secara Permanen

Senin, 01-Maret-2021 15:20

Kasatpol PP DKI, Arifin,
Foto : Istimewa
Kasatpol PP DKI, Arifin,
31

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI akan menutup secara permanen Kafe Brotherhood di Gunawarman, Jakarta Selatan. Penutupan tersebut dilakukan jika nantinya DKI temukan bukti baru adanya penyalahgunaan narkoba di kafe tersebut.

"Kami akan menutup secara permanen dan dicabut izin usahanya kalau memang tempat tersebut menjadi sarang penyalahgunaan narkoba," kata Kasatpol PP DKI, Arifin, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, dalam penutupan dan pencabutan izin usaha berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta.

"Kalau benar ada narkoba kita dari pariwisata akan memberikan penjelasan terhadap peristiwa semalam, nanti ada surat dari pariwisata kepada Pol PP," ujar dia.

Menurut Arifin, apabila memang lokasi kafe tak menjadi lokasi transaksi dan lokasi penggunaan obat-obat terlarang, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya melakukan penutupan sementara selama tiga hari.

"Kalau tutup langgar Prokes langsung kita tutup, tapi sifatnya sementara satu sampai dua hari. Tapi kalau narkoba itu tutupnya permanen," pungkasnya.

Sementara Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan mengatakan, tempat Usaha yang melebihi batas waktu operasional selama PPKM akan dikenakan sanksi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 Tahun 2021.

Dalam Pergub Nomor 3 Tahun 2021 Pasal 12 disebutkan sanksi diberikan berupa teguran tertulis, penghentian sementara kegiatan, denda administratif, pembekuan sementara izin dan atau pencabutan izin.

"Kita koordinasi dengan Satpol PP DKI Jakarta untuk sanksi-sanksi berikutnya, apakah melanggar PPKM atau perda dan pergub akan dikaji oleh Pol PP DKI dan Dinas Pariwisata," tutur Ujang.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bersama dengan Satpol PP DKI Jakarta melakukan razia protokol kesehatan di Bar Brotherhood Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bar Brotherhood Gunawarman juga masih beroperasi dan padat pengunjung meski Pemprov DKI Jakarta telah membatasi jam operasional kafe, bar dan restoran hanya sampai pukul 21.00 WIB.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati