Netral English Netral Mandarin
20:42wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Wajib Tahu, Ternyata Ini 3 Fungsi Obat Hipertensi Selain Menurunkan Tekanan Darah

Rabu, 06-Oktober-2021 12:45

Pengukuran tekanan darah.
Foto : Essential Hypertension
Pengukuran tekanan darah.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Tahukah Anda, ternyata obat hipertensi memiliki fungsi lain, selain menurunkan tekanan darah. Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Edukator dr Decsa Medika Hertanto SpPD. 

Sebelumnya Anda perlu pahami, seseorang bisa dikatakan hipertensi apabila memiliki tekanan darah yang konsisten di atas 130/80 dalam beberapa waktu. Biasanya untuk penegakkan diagnosis hipertensi, dibutuhkan dua sampai tiga kali kunjungan ke dokter. 

Apabila tensi tetap di atas 130/80, maka baru didiagnoisis hipertensi tegak. Tetapi jika tensi  > 180/110, diagnoisis hipertensi dapat langsung tegak.

Keadaan itu bisa diatasi salah satunya dengan konsumsi obat hipertensi. Berikut ini fungsi lain obat hipertensi selain menurunkan tekanan darah, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang dibagikan dr Decsa:

Obat Hipertensi Pelindung Organ Penting 

Obat hipertensi fungsinya tidak hanya sebagai penurun tekanan darah saja, tetapi juga melindungi organ-organ seperti otak, jantung, ginjal, pembuluh darah, dan lain-lain. 

Obat Hipertensi Mencegah Komplikasi Hipertensi 

Obat hipertensi menurunkan risiko komplikasi berat hipertensi, seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal, dan penyakit pembuluh darah. 

“Jadi jangan lagi terlambat ke dokter sewaktu sudah ada keluhan atau komplikasi. Semakin cepat diobati semakin kita dapat menurunkan risiko komplikasi,” pesan dr Decsa.

Obat Hipertensi dapat Mencegah Kekakuan Pembuluh Darah 

Obat hipertensi yang diminum secara rutin meski tensi sudah normal ternyata dapat mencegah kekakuan pembuluh darah. Hal ini tentu mengurangi risiko komplikasi hipertensi seperti stroke, gagal jantung dan gagal ginjal. 

“Ibarat makan soto tanpa kerupuk, soto ini analogi pola hidup sehatnya, kerupuk analogi obatnya. Dua kombinasi ini sesuai dengan hasil penelitian terbukti menurunkan risiko komplikasi darah tinggi dan harus dilakukan meski tensi sudah normal,” pesan dr Decsa.

Penderita hipertensi mungkin harus konsumsi obat hipertensi seumur hidup karena hipertensi membuat keadaan pembuluh darah menjadi kaku. Keadaan ini diibaratkan dr Decsa dengan selang dan pipda. 

Pembuluh darah sebelum terkena hipertensi itu bagaikan selang yang lentur dan apabila diberi tekanan tinggi tidak akan pecah. Sedangkan pembuluh darah mereka yang terkena hipertensi itu ibarat seperti pipa yang kaku, apabila diberi tekanan tinggi akan mudah pecah. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP