Netral English Netral Mandarin
18:02 wib
Sony Pictures mengumumkan tunda perilisan film baru mereka. Film Cinderella yang sedianya dijadwalkan rilis pada 5 Februari 2021 diundur ke 16 Juli 2021. Film Ghostbusters: Afterlife juga diundur. Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati.
Hindari Kerumunan di Tahun Baru, Wali Kota Depok Jaga Ketat Warganya

Minggu, 27-December-2020 07:40

Wali Kota Depo Mohammad Idris
Foto : Pemkot Depok
Wali Kota Depo Mohammad Idris
10

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengingatkan warganya terkait perjalanan hidup yang terasa cukup panjang, ketika  berada pada masa pandemi.

“Sudah hampir 10 Bulan pandemi Covid-19 melanda dunia dan juga kita yang berada di Kota Depok. Tak sedikit saudara-saudara kita yang wafat karena pandemi, demikian pula yang terpapar,” tutur Idris dalam surat terbukanya, Sabtu, (26/12/2020).

Dalam media sosialnya, ia mengungkapkan kesedihannya pada semua yang berdampak covid-19.  Menurut dia, Kota Depok berada pada zona resiko tinggi atau zona merah, bahkan dalam 2 minggu berturut-turut, karena kondisi kasus masih terus meningkat dan hampir di semua daerah. Kasus positif Covid-19 bertambah 293 kasus dalam satu hari, dengan jumlah kasus konfirmasi aktif sebanyak 3.073 kasus. Kasus mayoritas berasal dari klaster keluarga dan komunitas, disamping klaster perkantoran.



“Strategi yang digunakan, diantaranya : menguatkan kembali Kampung Siaga Covid-19, meningkatkan kapasitas Test, meningkatkan kapasitas ruang isolasi rumah sakit dan tempat khusus isolasi, serta meningkatkan penegakkan hukum secara terintegrasi dengan TNI/POLRI dalam penerapan protokol kesehatan,” papar Idris.

Untuk tempat isolasi khusus, Kota Depok bersama BNPB telah menjadikan Wisma Makara Universitas Indonesia sebagai tempat isolasi khusus bagi OTG dengan kapasitas 120 pasien, dan saat ini kami mengembangkan penambahan kapasitas di Guest House Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia untuk menampung OTG dengan kapasitas 40 pasien, karena kita harus segera memisahkan kasus positif dengan yang negative yang berada pada lingkungan keluarga.

Sementara untuk perayaan Tahun Baru 2021, kegiatan yang mengundang kerumunan tidak diperbolehkan, hanya dapat dilakukan oleh keluarga inti dan tidak boleh berkelompok.

“Untuk menguatkan program yang dijalankan selama ini, kami mencoba menggugah kembali melalui GERAKAN 2i3M (Iman, Imun, dan Memakai Masker, Mencuci Tangan Dengan Sabun, Menjaga Jarak), karena kunci keberhasilan kita keluar dari pandemi ini sangat tergantung dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sosial, serta yang paling utama pertolongan Allah SWT Tuhan Yang Maha Menolong,” tandasnya.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani