Netral English Netral Mandarin
08:09wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Warga Johar Baru Salat Id Tanpa Prokes, EK: Jika Minggu2 Mendatang Disapu Gelombang Besar Lagi dan Tumbang, Kita Tahu...

Selasa, 20-Juli-2021 20:50

Eko Kuntadhi
Foto : Kolase Netralnews
Eko Kuntadhi
41

JAKARTA, NETRALNEWS.DOM - Eko Kuntadhi menyoroti Salat Idul Adha yng digelar di Johar Baru, Jakarta Pusat tanpa berlakukan prokes ketat.

“Data per kemarin kasus positif turun jadi 38 ribu sehari. Padahal minggu lalu berada di angka 54 ribu. Alhamdulillah,” kata Eko Kuntadhi, Selasa 20 Juli 2021.

“Jika minggu2 mendatang kita disapu gelombang besar lagi. Lalu ada keluargamu yang tertular. Dan tumbang. Kita tahu kenapa bisa terjadi...,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya dilansir Kompas.tv, sejumlah masjid tak menggelar shalat Idul Adha berjemaah sesuai imbauan Kementerian Agama.

Tapi di Johar Baru, Jakarta Pusat warga tetap menggelar shalat Idul Adha berjemaah, Selasa (20/07/2021) pagi.

Banyaknya warga yang mengikuti ibadah shalat Idul Adha berjemaah membuat sebagian akses jalan permukiman warga ditutup.

Warga yang mengikuti shalat Idul Adha membeludak tanpa mengindahkan jaga jarak.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama meminta warga tak menggelar shalat Idul Adha berjemaah di masjid.

Padahal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta untuk menyelenggarakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

"Kami mengimbau seluruh penyelenggaraan untuk mengadakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing sebagai mana kita pernah melakukannya tahun lalu. Dengan itu insya Allah semua terlindungi," kata Anies dalam rekaman suara, Minggu (18/7/2021).

Sementara itu di Tangerang warga juga tetap menggelar shalat berjemaah di Masjid Al Makmur di Jalan Pesantren Larangan, Kota Tangerang, Banten.

Shalat tetap digelar meski Pemerintah Kota Tangerang mengimbau ditiadakannya shalat Idul Adha 2021 di mushala dan masjid-masjid.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P