Netral English Netral Mandarin
03:00wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Waspada! Anak Rentan Terpapar COVID-19, Ini Harus Diperhatikan Orang Tua

Kamis, 24-Juni-2021 10:20

Anak Rentan Terpapar COVID-19
Foto : Istimewa
Anak Rentan Terpapar COVID-19
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kasus COVID-19 di Jakarta sangat mengkhwatirkan yang kini sudah banyak menyasar anak-anak dan balita. 

Tingginya tren kasus corona pada bocah, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI meminta kepada orang tua untuk selalu waspada penularan virus COVID-19. 

DPPAPP DKI menegaskan, sebagai orang tua yang bijak, perlu untuk memperhatikan kebersihan dan menjaga kesehatan anak agar terhindar dari virus corona. Apalagi saat ini vaksinasi COVID-19 yang diperuntukan bagi anak-anak belum tersedia. 

Maka dari itu, pentingnya perhatian orang tua untuk menjaga kebersihan agar buah hati terhindar dari serangan pandemi COVID-19. 

"Apalagi anak usia di bawah 2 tahun belum bisa menerima vaksinasi, sehingga orangtua menjadi kunci utama untuk menjaga dan melindungi anak," tulis DPPAPP melalui akun Instagram resminya @dppappdki, Rabu (23/6/2021). 

Berikut kiat-kiat dari Pemprov DKI bagi orang tua yang memiliki anak;

- Hindari kerumunan dan ruangangan berventilasi tertutup

- Hindari orang yang sedang sakit 

- Cuci tangan sesering mungkin saat kembali dari luar, sebelum menyetuh dan menyusui dan saat menyiapkan susu atau makanan

- Bersihkan permukaan dan benda yang sering di sentuh

- Tidak menyentuh mata, hidung dan mulut

- memakai masker di rumah saat sakit dan batasi kontak dengan anak

- letakkan selimut di atas gendongan ketika membawa anak keluar rumah 

- Bersihkan gendongan atau kereta dorong ketika tiba di rumah.

Adapun data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) pada Minggu (20/6/2021) lalu kasus harian tertinggi di DKI menyentuh angka 5.582 warga yang terjangkit corona. Dari angka itu, 665 kasus merupakan anak usia 5-18 tahun. 

"Kira-kira 12 persen, dan 224 adalah kasus anak di bawah 5 tahun. Balita. Jadi 16 persen dari kenaikan kasus adalah anak-anak," urai Gubernur Anies Baswedan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani