Netral English Netral Mandarin
09:43wib
Pemerintah akan mengubah tata laksana penggunaan obat untuk para pasien Covid-19 guna mengantisipasi virus corona varian Delta berdasarkan usulan lima organisasi profesi kedokteran. Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah wilayah kabupaten/kota tertentu mulai 3 hingga 9 Agustus 2021.
Waspada! Dalam 10 Hari, Covid-19 DKI Naik 302 Persen, EK: Sebentar, Kita Panen Raya Dulu di Sumedang

Sabtu, 12-Juni-2021 19:20

Gubernur Anies Baswedan
Foto : Industry.co
Gubernur Anies Baswedan
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eko Kuntadhi menyindir Gubernur Anies Baswedan yang tengah mengikuti acara Panen Raya di Sumedang.

Di sisi lain, kaus corona di DKI dikabarkan naik menjadi 302 persen dalam waktu 10 hari. 

“Sebentar, sebentar. Kita panen raya dulu di Sumedang...,” demikian sindiran Eko Kuntadhi, Sabtu 12 Juni 2021.

Untuk diketahui, Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kenaikan kasus Corona paling tinggi dalam 10 hari terakhir. Kasus harian di DKI Jakarta naik sebesar 302 persen dalam 10 hari terakhir.

"Pada 1 Juni, kasus hariannya hanya 519 kasus, lalu melonjak menjadi 2.091 kasus pada 10 Juni, dengan BOR mencapai 62,13 persen," ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 11 Juni 2021.

Untuk itu, Satgas mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan. Seperti #Memakaimasker, #Menjagajarak, #Mencucitangan, dan #Menghindarikerumunan.

Kenaikan kasus harian di DKI Jakarta juga berimbas pada kenaikan pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di Wisma Atlet mencapai 67,05 persen. Angka ini sudah mencapai ambang batas aman BOR RS yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni sebesar 60-80 persen.

Tempat isolasi terpusat ini, kata Wiku, mengalami kenaikan pasien masuk harian dari yang sebelumnya 125 pasien masuk dalam satu hari menjadi 574 pasien masuk per hari ini pukul 06.00.

"Artinya kenaikannya mencapai 359 persen. Semakin tinggi pasien harian yang masuk maka semakin menunjukkan kegawatan situasi. Perkembangan yang tidak diharapkan ini tentu perlu segera disikapi oleh kepala daerah terkait," ujar Wiku soal naiknya kasus Corona di Jakarta dinukil Tempo.co.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati