Netral English Netral Mandarin
13:41wib
TNI Angkatan Udara melayangkan permintaan maaf atas peristiwa kekerasan yang dilakukan dua oknum prajuritnya terhadap warga sipil di Merauke, Papua, Senin. Pemerintah Amerika Serikat kembali mengimbau kepada para penduduk dan pemukim kembali mengenakan masker guna mencegah infeksi virus corona (Covid-19) varian Delta.
Waspada! Inilah Bahaya Tidur Dekat HP

Senin, 29-Maret-2021 23:25

Tidur di dekat smartphone itu ternyata berbaya.
Foto : pexels.com
Tidur di dekat smartphone itu ternyata berbaya.
39

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Perkembangan teknologi yang bergerak cepat membuat manusia jaman ini tak bisa lepas dari smartphone. Namun sebuah penelitian terbaru menyatakan mereka yang tidur bersama ponsel akan mengalami beberapa bahaya.

Penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa setidaknya delapan dari sepuluh pemilik ponsel membiarkan ponsel berada di atas tempat tidur, dan tidur bersama pemiliknya semalaman. Setengah dari mereka beralasan membiarkan ponsel berada di tempat tidur untuk digunakan sebagai alarm.

Sekira 63 persen pengguna berusia 18-29 tahun benar-benar tidur bersama ponsel atau tablet milik mereka. Kenyataannya, kebiasaan tidur bersama ponsel di atas ranjang dapat menimbulkan beberapa gangguan selama aktivitas tidur malam berlangsung.

Pertama, pemilik ponsel yang membiarkan ponsel mereka berada di tempat tidur dapat terkena hypervigilance, sebuah gejala di otak yang membuat seseorang mengalami ketegangan dan kewaspadaan terus menerus.

"Dalam rangka untuk mendapatkan tidur malam yang baik, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun. Dengan ponsel yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda ingin menggunakan ponsel itu. Otak akan memantau situasi dan tidur Anda, tidur akan menjadi lebih mudah terganggu," ungkap Dr Neil Stanley dari Leeds University, sebagaimana dilansir laman Huffington Post.

Tak hanya itu, Dr. Charles Czeisler, seorang Profesor Kedokteran Tidur dari Harvard University, mengungkap jika cahaya pada smartphone juga menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang dan menipu tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Organizational Behavior and Human Decision Processes yang dilakukan pada Januari lalu juga meneliti kebiasaan karyawan menggunakan smartphone sebelum tidur. Hasilnya, peneliti menemukan jika penggunaan smartphone di atas jam 9 malam dapat menurunkan kuantitas tidur di malam hari dan menyebabkan kinerja di tempat kerja memburuk di pagi hari.

Reporter : Diaz Aditya Pratama
Editor : Irawan HP