Netral English Netral Mandarin
22:01wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Waspada, Penularan Covid-19 Bisa Terjadi di Toilet Umum!

Minggu, 19-September-2021 19:00

Waspadai penularan Covid di toilet umum.
Foto : Cleanless
Waspadai penularan Covid di toilet umum.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Edukator Kesehatan dr RA Adaninggar, SpPD mengakui, banyak masyarakat yang bertanya-tanya, apakah bisa tertular jika memakai toilet atau kamar mandi yang sama dengan orang yang sakit Covid-19. Ternyata jawabannya, bisa sehingga Anda diminta waspada penularan Covid-19 di kamar mandi umum. 

Dijelaskan dia, kamar mandi adalah suatu tempat indoor atau ruangan tertutup yang keadaan ventilasi biasanya kurang baik. Di kamar mandi, sangat berisiko tinggi penularan Covid-19 secara aerosol. 

“Nah, bila Anda ada di kamar mandi umum misalnya, Anda harus hati-hati. Jangan lepas masker sama sekali,” tegas dr Adaninggar, dikutip dari info grafisnya, Minggu (19/9/2021). 

Alasannya, kita tidak tahu orang yang sebelumnya menggunakan kamar mandi tersebut sedang sakit atau tidak. Apalagi ventilasi kurang baik, droplet aerosol bisa bertahan lama karena tidak berganti udara. 

“Jadi meskipun Anda sendirian (di kamar mandi umum), Anda membuka masker, Anda bisa menghirup udara yang sama dari orang yang sebelum Anda. Sebaiknya tetap memakai masker, bahkan double masker,” pesan dia. 

Lebih lanjut dr Adaninggar memberikan tips apabila menggunakan toilet atau kamar mandi umum. Pertama, jangan membuka masker meskipun tengah sendirian dan gunakan upgrade masker. Selanjutnya, cuci tangan setiap setelah memegang benda-benda di tempat tersebut. 

Bila di rumah ada yang Isolasi Mandiri (Isoman) dan kamar mandi hanya satu, beri jeda waktu penggunaan. Selama jeda, buka ventilasi pintu dan jendela. Selanjutnya, disinfeksi permukaan yang sering dipegang di kamar mandi seperti saklar lampu, gagang pintu, kran, flush toilet dan lain-lain. 

“Di ruangan tertutup, dengan ventilasi kurang baik dan durasi lama, konsentrasi aerosol bisa sangat tinggi. Hal ini sudah banyak dilaporkan terjadi di tempat-tempat umum seperti di mall, kamar mandi atau toilet umum, hingga di apartemen,” terang dia.          

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani