Netral English Netral Mandarin
22:05wib
Ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Tonang Dwi Ardyanto menduga bahwa varian Omicron sudah masuk Indonesia. Sebanyak 10.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.
Waspada, Tiga Penyakit Autoimun Kulit Ini Kerap Muncul Selama Masa Pandemi!

Kamis, 25-November-2021 12:20

Penyakit kulit
Foto : Istimewa
Penyakit kulit
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Spesialis Kulit dan Kelamin dr Amelia Soebyanto, SpDV mengatakan, terdapat tiga penyakit autoimun yang kerap muncul selama masa Pandemi Covid-19. Diantaranya adalah Psoriasis, Vitiligo dan Urtikaria. 

Psoriasis 

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang kronik dan sering kambuh. Penyakit ini juga kerap timbul pada semua usia, terutama usia 15-30 tahun dan 50-60 tahun.

Gejala klinisnya meliputi bercak kemerahan dengan sisik tebal berwarna putih keperakan. Gangguan kesehatan ini biasanya disertai rasa gatal, panas, atau perih. Bahkan gejala lain bisa disertai dengan kelainan kuku dan sendi.

“Prevalesni terjadi sekitar 0,1-3 persen dengan Ras Kaukasia yang paling banyak dilaporkan. Di Indonesia sendiri dilaporkan sekitar 2,5 persen dari populasi dan dapat mengenai laki-laki maupun perempuan,” ujar dr Amelia.

Pernyataan itu disampaikan dr Amelia dalam Virtual Media Briefing dengan tema “Kenali Autoimun Kulit yang  Kerap muncul Selama Pandemi, baru-baru ini.

Lebih lanjut dijelaskan tatalaksananya, meliputi topikal atau oles, seperti penggunaan kortikosteroid, analog Vitamin D, tazarotone, inhibitor kalsineurin dan lain-lain. Selain itu bisa juga dilakukan tindakan oral atau minum obat, yakni metotreksat, siklosporin, mikofenolat mofetil dan lain-lain.

“Ada juga tatalaksana dilakukan injeksi atau suntik dan fototerapi atau fotokemoterapi.” ujar dia.

Vitiligo                  

Vitiligo merupakan suatu kelainan kulit berupa bercak putih seperti kapur. Gangguan kesehatan ini terkadang disertai dengan rasa gatal. 

Biasanya Vitiligo dapat terjadi pada segala usia, namun sekitar 50 persen kasus terjadi sebelum usia 20 tahun dan prevalensinya meningkat dengan pertambahan usia.

“Tatalaksana meliputi topikal atau pemberian obat oles, oral yakni obat yang diminum dan fototerapiatau fotokemoterapi,” ujar dr Amel. 

Urtikaria

Urtikaria merupakan kondisi dimana terdapat lesi pada kulit yang meninggi dan gatal. Umumnya lesi berwarna merah, terasa gatal, hingga perih.

“Prevalensi Urtikaria autoimun dilaporkan sekitar 0,05-3 persen dan ditemukan dua kali lebih banyak pada perempuan dengan rentang usia 40-49 tahun,” ujar dr Amerlia. 

Urtikaria akut yakni terjadi selama kurun waktu 6 minggu.

“Kadang dapat disertai dengan bengkak di wajah. Biasanya mata dan bibir. Tatalaksananya meliputi konsumsi obat oral atau minum,” ujar dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wahyu Praditya P

Berita Terkait

Berita Rekomendasi