Netral English Netral Mandarin
13:50wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Waspadai Penyakit Esofagitas, Ini Bagian yang Diserang

Selasa, 27-April-2021 17:50

Waspadai esofagitas hingga ke lambung
Foto : alodokter
Waspadai esofagitas hingga ke lambung
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pernah mendengar kata esofagitas? Ya, sebuah penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan.

Esofagitis dan gastritis erosif merupakan penyakit yang terjadi pada saluran cerna bagian atas.  Dilansir dari laman Alodokter dan Infosehat, Esofagitis suatu penyakit peradangan pada dinding saluran kerongkongan, sedangkan gastritis erosif adalah peradangan yang terjadi dinding lambung. Keduanya dapat ditimbulkan akibat dari tingginya kadar asam lambung. 

“Asam lambung yang tinggi dapat memicu terjadinya luka pada organ pencernaan tersebut. Gejala yang paling umum jika terjadi gangguan pada saluran pencernaan tersebut seperti sering bersendawa, dada atau ulu hati terasa nyeri, panas/terbakar, mual, muntah, hilang nafsu makan, dan sebagainya,” tutur dr Merry Puspita. 

Ia menambahkan, kedua penyakit ini jika dibiarkan terus menerus dalam waktu lama tanpa adanya pemberian terapi, dampaknya akan terjadi pengikisan dinding saluran cerna tersebut sehingga akan timbul pendarahan yang ditandai dengan muntah warna hitam atau BAB berwarna hitam. Warna hitam tersebut merupakan darah yang tercampur dengan cairan asam lambung. 

Oleh karena itu, mengetahui hasil endoskopi yang sedemikian rupa, sehingga sangat disarankan untuk menjalankan terapi dengan baik yang telah dianjurkan oleh dokter spesialis penyakit dalam yang merawat. 

Disarankan untuk menjalankan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, hindari mengonsumsi makanan terlalu pedas, asam, bergas tinggi, cokelat, minuman berkafein, beralkohol, dan lain-lain.

Selain itu juga perlu menjaga pola makan serta tidak telat makan, agar kadar asam lambung terjaga dengan baik. Selain itu hindari asap rokok karena juga memicu gangguan pada saluran cerna atas tersebut.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P