Netral English Netral Mandarin
07:55 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Waspadai Tapak Sepatu Anda, Bisa jadi Sarang Virus Covid-19

Sabtu, 02-January-2021 17:40

Semprotkan tapak sepatu Anda dengan disinfektan.
Foto : Keep Healthy
Semprotkan tapak sepatu Anda dengan disinfektan.
0

JAKARTA, NETRALNWS.COM - Jangan panik ketika Anda memasuki sebuah hotel dan petugas memeriksa alas kaki. Biasanya, sebelum melewati pintu, selain dicek suhu tubuh, telapak sepatu pengunjung disemprot disinfectan.

Umumnya masuk bilik plastik terus disemprot disinfectan, tapi mungkin ada yang berpikir kena tapak sepatu disemprot?  Ternyata jawabannya ada dipenjelasan dr. Hendrawan Nadesul.

Menurut Hendrawan tapak sepatu/sandal paling rawan membawa virus covid-19. Di lantai rumah sakit banyak virus, di toilet umum, toilet di rest area banyak orang keluar masuk, ada yang bersin, meludah, buang ingus.  Virus menempel dilantai, kemudian kita masuk ke toilet... Masker tetap dipakai .. cuci tangan pakai sabun bersih sekali.. kita merasa sudah menjalankan prokes, tapi telapak sepatu tidak ikut diprokes.



“Covid-19 tidak seperti kecoa, keinjak sepatu mati. Virus covid-19 keinjak sepatu tidak mati, tapi numpang jalan-jalan. Kalau pulang kerumah ada protap sepatu dan sandal dilepas didepan pintu rumah. Tapi kalau masuk  ke hotel, jarang sepatu sandal dilepas diluar. Umumnya dipakai masuk ke kamar,  kemudian mencari tempat duduk, sehingga tapak sepatu nempel dibeberapa bagian lantai kamar hotel.  Ini yang kemungkinan bisa menyebabkan virus masuk ke tubuh kita,” tutur Hendrawan dalam artikelnya yang dibagikan di WAG belum lama ini.

Selanjutnya, AC dihidupkan masker dilepas, tidak ada jendela terbuka. Semalaman kita seruangan bersama virus covid-19 yang terbawa sepatu/sandal kita. Apalagi kalau perut lapar, keluar hotel cari makanan. Tambah lagi kemungkinan ada virus yang numpang di telapak sepatu/sandal kita ikut masuk ke kamar hotel kita. Kalaupun bukan kamar hotel, banyak rumahr-umah mewah yang  penghuninya sehabis bepergian masuk rumah masih lengkap memakai sepatu atau sandal.

Jadi kebiasaan, sehabis bepergian sepatu/sandal dilepas di luar adalah sehat dan sangat dianjurkan. Kalau Anda berpergian naik mobil, masuk ke rumah sakit, atau dari toilet kemudian masuk ke mobil, jangan hanya tangan yang disemprot disinfektan, tapi untuk amannya jangan lupa tapak sandal/sepatu juga disemprot ..

Hendrawan kemudian membagian tips cara aman dari tertular virus lewat sepatu/sandal:- Lepaskan sepatu sebelum memasuki rumah.

- Cuci sepatu yang dipakai ke tempat⊃2; umum dengan air dan sabun.- Kulit dan bahan lain yang tidak bisa dicuci dengan air harus dibersihkan dengan benar menggunakan disinfektan .- Tempatkan sepasang sandal atau sepatu yang bersih di luar ambang pintu, dan ganti sebelum masuk ke rumah.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani