Netral English Netral Mandarin
23:07wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
WHO Keluarkan Tiga Varian Covid dari Daftar Variant of Interest

Jumat, 24-September-2021 20:30

Gedung WHO
Foto : Istimewa
Gedung WHO
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan tiga varian hasil mutasi Covid-19 dari kategori Variant of Interest (VoI) ke kategori Variant Under Monitoring.

"Didrop-nya ketiga varian itu dilakukan setelah penyebarannya diketahui terhalang oleh varian lain, terutama varian Delta,” kata Newsweek seperti dikutip Jumat (24/9/2021).

Ketiga varian itu didepak dari daftar VoI pada Senin (20/9/2021) lalu. Mereka adalah Varian Eta, Iota dan Kappa.

Setelah dikeluarkan dari daftar VoI, oleh WHO ketiga varian itu direklasifikasi sebagai "mantan VoI".

Varian Eta, Iota dan Kappa dimasukkan dalam daftar VoI karena kemampuan potensial mereka untuk dengan mudah menyebar dan menimbulkan penyakit parah, namun seiring dengan berjalannya waktu, kehadiran mereka di seluruh dunia dan di berbagai negara, justru berkurang, sehingga pejabat WHO percaya bahwa potensi mereka untuk menimbulkan risiko terhadap kesehatan masyarakat, juga berkurang.

"VoI kalah bersaing dengan varian yang masuk klasifikasi Variant of Concern (VoC). Mereka tidak dapat bertahan," ujar Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis Covid-19 WHO, Selasa (21/9/2021).

Kappa adalah yang pertama dari tiga varian yang terdeteksi dan ditemukan di India pada bulan Oktober 2020, diikuti oleh Iota di Amerika Serikat pada bulan November 2020, dan Eta di beberapa negara pada bulan Desember 2020.

Eta dan Iota tampaknya menyebar lebih cepat dibanding Kappa, sehingga pada Maret 2021 oleh WHO dimasukkan dalam daftar VoI, sementara Kappa masuk daftar VoI pada April 2021.

Iota telah terbukti menjadi yang paling umum dari ketiga varian ini, tetapi penularannya hanya mencapai 3?ri semua varian dalam daftar VoI, sementara Kappa hanya 1?n Eta tidak pernah menembus 1%.

Selain itu, ketiga varian ini juga telah menunjukkan penurunan penularan yang signifikan, yang menunjukkan bahwa ada sirkulasi yang sangat rendah atau bahkan tidak ada di daerah yang sebelumnya melaporkan bahwa penularan salah satu dari ketiga varian ini cukup dominan.

Namun, meskipun WHO tidak lagi menganggap Kappa, Iota, dan Eta sebagai ancaman global, ketiganya kemungkinan tetap akan ada daftar suatu negara.

Dengan didrop-nya Kappa, Iota, dan Eta, dari daftar VoI, maka saat ini di dalam daftar itu hanya tersisa dua varian, yakni Lambda dan Mu.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani