Netral English Netral Mandarin
19:39wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Wisata Berbalut Misteri di Rambut Monte, Blitar

Jumat, 23-April-2021 17:00

Wisata unik Rambut Monte di Blitar.
Foto : Adventure
Wisata unik Rambut Monte di Blitar.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apabila sedang berada di daerah Blitar, Jawa Timur, cobalah datang ke Rambut Monte. Wisata unik yang satu ini menawarkan destinasi wisata alam yang berbalut dengan misteri. 

Apabila tertarik, Anda bisa datang ke Tirtomoyo, Krisik, Gandusari, Blitar, Jawa Timur. Anda bisa berkunjung pada pukul delapan pagi hingga pukul lima sore, dengan tiket masuk sebesar Rp 5 Ribu saja. 

Memasuki kawasan wisata yang satu ini, Anda akan disambut dengan air telaga yang berwarna biru. Konon, di dalamnya ada ikan purba misterius dan menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya. 

Ikan purba itu dipercaya sebagai jelmaan dari dewa penghuni telaga. Keunikan dari ikan purba, masyarakat lantas menyebut ikan itu sebagai ikan sengkaring. 

Ciri dari ikan sengkaring, memiliki warna abu-abu kehitaman, sisiknya tegas, kepala besar dan sekitar mulutnya memiliki sulur. Panjangnya sekitar 30 cm dan jumlahnya diperkirakan ada sebanyak 100 ekor. Percaya atau tidak, jumlah ikan tidak pernah bertambah atau berkurang. 

Dipercaya sebagai jelmaan dewa, wajar bila ikan ini dilarang untuk dipancing dan dikonsumsi. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja musibah kecelakaan. 

Di wisata ini, Anda akan merasakan ketenangan, udara sejuk dan alam yang asri. Anda bisa “lari” sejenak dari hiruk pikuk dan kesibukkan kota serta merileks kan diri dari pekerjaan yang menjenuhkan. Jangan kaget juga karena keadaan telaga dengan air yang jernih dan ada gradasi biru air. Di dalamnya juga ada batang kayu dan pepohonan yang menjadi penghuni dasar telaga.

Selain itu, ada juga sebuah arca yang memiliki tinggi sekitar 1,5 meter. Sang arca memiliki rambut ikal seperti monte, sehingga tidak heran apabila wisata yang satu ini disebut sebagai Rambut Monte. 

Lokasi arca berada sekitar 300 meter dari sumber mata air dan kerap kali dibuat sebagai lokasi sembahyang Umat Hindu. Kawasan itu juga dipercaya oleh sebagian orang sebagai tempat berkumpul dewa serta para leluhur.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani