Netral English Netral Mandarin
16:21 wib
Sejumlah ahli mengkritik penerapan alat deteksi Covid-19 GeNose karena masih tahap ekperimental. Belum bisa dipakai dalam pelayanan publik khususnya screening Covid-19. Polri menegaskan akan menindaklanjuti kasus rasisme yang dialami mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Diketahui, Pigai menjadi korban rasis yang dilakukan Ambroncius Nababan.
20 Wisata Ciwidey Terkeren di Bandung

Senin, 04-January-2021 10:00

Glamping Rancabali dengan Pinisi Rsto, salah satu destinasi wisata Ciwidey di Bandung.
Foto : Travel Bandung
Glamping Rancabali dengan Pinisi Rsto, salah satu destinasi wisata Ciwidey di Bandung.
12

BANDUNG, NETRALNEWS.COM - Tak lengkap rasanya jika Anda  berwisata ke Bandung tak mampir ke Ciwidey. Menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota, wisata Ciwidey banyak menyuguhkan keindahan alam.

Hawa yang sejuk, makanan yang lezat, keindahan alam serta fasilitas yang diberikannya, memberikan nuansa berbeda dari tempat lainnya. Belum lagi penginapan dengan harga terjangkau, baik hotel, vila, atau sekadar ingin camping. Semua ada di Ciwidey.Dirangkum dari bebagai sumber, berikut 20 tempat wisata Ciwidey yang dapat menjadi pilihan liburan Anda.

1.Kawah Putih

Baca Juga :


Suasana Kawah Putih. (Dok. Netralnews.com)

Kawah Putih bukan sekadar tempat rekreasi, tapi juga sangat instagramable. Banyak spot-spot cantik untuk menghiasi media sosial Anda. Bagi beberapa orang, kawasan ini sudah tidak lagi asing, baik yang telah berkunjung secara langsung maupun melihatnya melalui internet.

Kisah di balik tempat ikonik di Ciwidey ini sebelumnya sarat akan nuansa mistis. Akan tetapi, sejak adanya eksplorasi oleh ahli botani dari Jerman, tempat ini menjadi diminati dan dikunjungi banyak orang. Bahkan pengelolaannya pun semakin baik dari waktu ke waktu hingga tersedianya toilet serta kedai penjual makanan.

Desa mistis ini sebelumnya tidak dikunjungi oleh siapapun karena mitos mengenai burung yang melintas akan langsung mati. Akan tetapi, setelah ditemukannya kawah yang sangat menawan jadi destinasi wisata yang ramai pengunjung. Air danau sebening kristal dan bisa berubah mengikuti perubahan cuaca, serta dilengkapi pasir yang sangat putih. Uniknya, tanaman yang tumbuh di sekitarnya memiliki ciri khas tersendiri yang tidak ada di tempat lain.

2. Pinisi Resto

Pernah mendengar kisah suatu kapal yang terdampar di tengah bukit? Kapal tersebut dikenal dengan nama Pinisi Resto karena mengusung konsep kapal tradisional. Bentuknya sangat unik, sehingga mampu menarik minat para wisatawan. Selain itu, lokasinya yang ada di dataran tinggi ini juga membuat lingkungan sekitar sangat sejuk dan nyaman. Anda akan disuguhi pemandangan apik dari danau serta hamparan perkebunan teh yang menawan.

Tempat makan satu ini sangat direkomendasikan untuk keluarga karena lokasinya yang luas serta hidangan lezatnya. Bagi para pecinta BBQ, cita rasa yang disuguhkan oleh tiada duanya lengkap dengan suasananya yang mengesankan. Sembari makan, Anda wajib mengabadikan momen ini lengkap dengan latar asrinya alam di daerah Situ Patenggang. Destinasi liburan satu ini tidak boleh Anda lewatkan dan pastikan melakukan reservasi terlebih dahulu.

3. Kampung Cai Ranca Upas

Salah satu sudut Kampung Cai Ranca Upas (Tempat Wisata di Bandung)

Salah satu ikon Ciwidey, yaitu tempat penangkaran rusa dan bumi perkemahannya. Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan cara memberi makan rusa-rusa tersebut. Cukup Rp5 ribu, Anda sudah bisa mendapat sayuran dan wortel sebagai bahan makannya. Tidak hanya itu, tersedia pula aktivitas outdoor yang bisa Anda jajal serta pemandian air panas. Bagi pengunjung yang ingin menginap, telah tersedia persewaan perlengkapan kemah yang terjangkau.

4. Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Kawasan ini terkenal dengan udaranya yang sejuk, tidak heran lokasi baru ini menawarkan pemandian dengan air panas alami. Tidak hanya memanjakan anak-anak, waterpark ini cocok untuk segala usia karena tersedia perosotan berbagai ukuran.

Paduan air panas ini terasa lengkap dengan suasana sejuk alam sekitarnya. Bila ingin menginap, tersedia 23 cottage yang nyaman dan dilengkapi panorama lembah Ciwidey yang sangat khas.

5. Glamping Legok Kondang Lodge

Ingin menikmati camping antiribet dan tetap nyaman sekelas hotel berbintang? Glamping hadir untuk Anda karena mengusung glamour camping dengan fasilitas lengkap. Anda bisa tidur nyenyak dengan kasur empuk, selimut tebal, TV, dan kamar mandi tertutup.

Aktivitas yang disuguhkan untuk para pengunjung sangat beragam, sehingga Anda tidak akan liburan hanya di dalam tenda saja. Kegiatan tersebut sebagai ajang untuk mendekatkan diri dengan alam.

6. Jembatan Kereta Api Cikudapateuh

Bagi para pecinta foto vintage, berfoto di rel kereta api yang telah terbengkalai seperti ini sangat dinantikan. Anda bisa berkunjung ke jembatan Kereta Api Cikudapateuh yang sudah tidak dipakai sejak tahun 1972.

Pada awalnya, jalur ini dipakai sebagai transportasi utama di zaman penjajahan Belanda. Akan tetapi, saat ini sudah tidak dipakai dan menjadi spot kece dan instagrammable. Pastikan Anda telah berfoto di sini sebelum jalur ini kembali aktif.

7. Kawah Rengganis

Onsen (pemandian air panas) ala Jepang tidak lagi dibandrol dengan harga mahal bahkan bisa Anda lakukan di alam terbuka. Kawah Rengganis menawarkan air panas yang mengandung belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Anda cukup berendam atau melakukan lulur alami sebagai perawatan kulit yang lebih halus. Kawah bekas letusan Gunung Sunda Purba ini telah menarik minat wisatawan dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

8. Perkebunan Rancabali dan Curug Tilu

Kawasan ini memang memiliki keindahan alam yang tiada duanya dan sangat subur. Tidak heran, dedaunan hijau tumbuh subur di Ciwidey seperti perkebunan teh yang asri.

Tatanan tempat ini sangat apik dan dilengkapi udara sejuk yang menenangkan. Di samping itu, masih ada Curug Tilu yang tersembunyi dan menjadi hidden place yang wajib dikunjungi. Air terjun ini juga dilengkapi dengan pemandangan luar biasa yang cocok jadi spot foto menarik.

9. Southland Ciwidey

Melipir dari hiruk pikuknya perkotaan bisa Anda lakukan dengan menikmati ketenangan alam yang ditawarkan oleh Southland Ciwidey. Di tempat ini, Anda dapat menghirup aroma pinus dan barisan pohon yang sangat rapi.

Daya tarik yang ditawarkan pun beragam, seperti nyanyian burung dan serangga, spot foto dengan payung bergantungan, hammock, rumah hobbit, dan lain-lain. Jadikan liburan Anda lebih bermakna dengan bermalam di tempat ini.

10. Kebun Strawberry Alam Endah

Ingin berlibur sambil memacu adrenalin? Resort satu ini jadi pilihan destinasi wisata yang paling tepat untuk Anda. Terdapat berbagai jenis cottage yang bisa dipilih sebagai tempat menginap dan Anda akan mengukir kenangan yang menarik. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, seperti paintball, flying fox, atau bermain ATV. Bermalam di kawasan ini tentu akan sangat nyaman.

11. Situ Patenggang

Danau yang sarat akan kisah cinta terlarang dan arti menemukan cinta sejati. Kisah magis tersebut justru dipercaya hingga saat ini dan jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Terlepas kisah cinta masa lampau, keindahan alam yang ditawarkan membuat kawasan ini tidak boleh Anda lewatkan. Danau yang berbentuk hati ini memiliki keindahan alam luar biasa dan Anda bisa memakainya sebagai tempat berkemah dengan kerabat atau rekan.

12. Green Hill Park

Sesuai dengan namanya, suguhan utama yang dinikmati oleh pengunjung yaitu bukit hijau karena rapatnya pepohonan di kawasan tersebut. Anda bisa menikmati sederet hutan hujan pegunungan yang dilengkapi flora dan fauna yang cukup jarang dilihat secara langsung.

Selain itu, terdapat pula sumber air panas yang cocok dengan udara sejuk khas Ciwidey. Anda juga bisa melihat megahnya Gunung Patuha yang memiliki topografi bergelombang sebagai latarnya.

13. Pemandian Air Panas Ciwalini

Suasana yang ditawarkan kawasan Ciwidey sangat sejuk dan dingin, tetapi kolam renang tetap jadi destinasi yang paling dicari.

Di Air Panas Ciwalini, Anda bisa menikmati dua kolam yang berbeda dengan kehangatan air yang sama. Keduanya memiliki suasana yang berbeda, terutama untuk Anda yang ingin berenang dengan suasana yang lebih tenang.

Daya tarik utamanya justru terletak pada fasilitas yang disediakan, yaitu flying fox, ATV, dan sewa sepeda.

14. Taman Wisata Alam Cimanggu

Dilabeli sebagai primadona wisata yang menawarkan pemandian air panas, Taman Wisata Alam Cimanggu menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Tidak hanya air panas yang berkhasiat, area ini juga menawarkan panorama ciamik, kekayaan alam, serta fasilitas unggul. Anda bisa melakukan aktivitas yang memacu adrenalin di tempat wisata alam ini bersama keluarga. Tersedia pula cottage yang dibandrol dengan harga terjangkau tiap malamnya.

Letaknya yang jauh dari padatnya kota Bandung, tempat ini juga menjadi ikon Ciwidey yang sayang jika Anda lewatkan, karena juga dilengkapi mitos serta kisah magis di baliknya. Beberapa di antaranya menyuguhkan kekayaan alam serta kegiatan yang cukup menantang adrenalin. Sudahkah Anda memutuskan destinasi liburan selanjutnya?

15. Wisata Alam Driam Riverside

Berlibur dengan mengunjungi wisata alam rasanya sangat menarik karena jadi salah satu ajang mendekatkan diri dengan semesta. Anda dapat menikmati berbagai sajian yang menarik, seperti kolam renang luas dan aktivitas yang menantang lainnya. Menjajal arung jeram bisa jadi salah satu kegiatan yang melatih kekompakan tim. Tidak perlu khawatir mengenai keamanan karena telah dilengkapi dengan alat alat pelindung tubuh.

Selain arung jeram, Anda bisa bermain paintball dengan cat warna-warni untuk menembak lawan. Arena liburan keluarga ini sangat ramah anak dan melatih ketangkasannya pula. Tidak hanya aktivitas seru, pengelola Driam ini juga menyuguhkan berbagai spot menarik untuk dijadikan latar foto. Bagi beberapa pengunjung yang datang dari luar kota, Anda bisa menginap karena tersedia resort dengan fasilitas yang nyaman serta harga terjangkau.

16. Barusen Hills Ciwidey

Keluarga memiliki waktu yang cukup banyak untuk bercengkrama di rumah, tetapi juga memerlukan waktu berlibur bersama. Memilih Barusen Hills sebagai destinasi pilihan bisa jadi liburan yang sangat menyenangkan. Pasalnya, paduan udara sejuk Bandung serta suguhan objek wisata yang menarik jadi paket liburan yang lengkap. Anda bisa menikmati aktivitas seru di bawah terik matahari Bandung yang diliputi cuaca sangat cerah

Layaknya taman rekreasi air, Barusen memiliki kolam renang besar dengan dikelilingi pemandangan luar biasa. Tidak hanya itu, anak anak kecil juga akan sangat puas dengan adanya ember besar yang menumpahkan air. Anda bisa bermain air lengkap perosotan air yang cukup besar. Fasilitas lainnya, Anda bisa berfoto di Taman CInta, Bamboo Love Garden, dan Taman Belanda. Taman satu ini dilengkapi ikon uniknya, yaitu kincir angin.

16. Candy House

Keluarga memiliki waktu yang cukup banyak untuk bercengkrama di rumah, tetapi juga memerlukan waktu berlibur bersama. Memilih Barusen Hills sebagai destinasi pilihan bisa jadi liburan yang sangat menyenangkan. Pasalnya, paduan udara sejuk Bandung serta suguhan objek wisata yang menarik jadi paket liburan yang lengkap. Anda bisa menikmati aktivitas seru di bawah terik matahari Bandung yang diliputi cuaca sangat cerah,

17. Teras Bintang

Merasakan sensasi berdiri di ketinggian tanpa ada penghalang ataupun polusi di udara terasa sangat mustahil di kota kota besar. Akan tetapi, pengalaman tersebut bisa Anda coba saat berkunjung ke Teras Bintang Ciwidey. Tempat ini menyediakan gardu pandang yang berbentuk bintang empat kaki di atas perkebunan teh yang sangat asri.

Pesona alam ini mampu menghipnotis setiap pengunjung yang datang, sehingga tidak boleh dilewatkan.Panorama yang ditawarkan paduan antara rimbunnya pohon, danau, dan pegunungan hijau yang megah di kejauhan. Anda dapat menikmati pemandangan tersebut dengan mata langsung atau teleskop. Yang menarik, memakai teropong satu ini juga bisa melihat burung yang langka atau hewan unik di hutan. Para pengunjung bisa menikmatinya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, hanya ke daerah Patengan dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah.

18. Taman Kelinci

Sesuai dengan namanya, Anda akan sejenak dibawa ke skenario Alice in the Wonderland di mana banyak kelinci berkeliaran. Anda bisa melihat dan bermain bersama serta memberi makanan untuk hewan bertubuh mungil ini. Mamalia ini memiliki sensitivitas yang cukup tinggi, sehingga hindari berteriak atau menarik telinganya. Anda bisa memberinya makan tanpa harus menakut-nakutinya, sehingga kelinci tetap ceria dan tidak mengalami stres.

Untuk menorah kenangan manis, para pengunjung juga bisa berinteraksi dengan hewan lain seperti kambing, kuda, dan burung hantu. Tidak hanya berfoto bersama, Anda juga bisa memberinya makan atau justru menunggangi kuda serta menyusuri jalan setapak. Di sepanjang jalan, para pengunjung juga disuguhi panorama cantik dari taman bunga warna warni. Yang membuat tempat ini semakin asri, adanya danau yang memberikan panorama keren.

19. Bukit Jamur Rancabolang

Disebut sebagai bukit jamur, tetapi kontur jalan serta suguhan pemandangannya tidak mirip dengan bukit. Justru Anda akan melihat banyaknya pohon berwarna hijau dengan bentuk menyerupai jamur.

Daya tarik tempat ini justru terletak di bentuk jamur dari pohon pohon besar ini, sehingga para pengunjung akan tampak seperti kurcaci. Lokasi bukti ini berada di sekitar perkebunan, tidak heran suasananya sangat asri dengan cuaca yang dingin.

20. Palalangon Park

Taman bermain untuk keluarga ini patut menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya. Pasalnya, suguhan menariknya berupa kolam besar lengkap dengan perosotan dan baskom besar. Baskom ini berisi air dan siap tumpah ke bawah mengguyur semua pengunjung yang ada di kolam renang. Tidak puas dengan kolam tersebut, Anda bisa berendam di kolam air panas yang cocok untuk relaksasi tubuh dan melepas lelah dari rutinitas setiap harinya.

Tidak hanya waterboom mini, pengelola Palalangon Park juga memberikan berbagai spot menarik untuk kebutuhan sosial media Anda. Terdapat gardu pandang khas Titanic yang dilengkapi air terjun buatan di bawahnya. Masih ada balon udara untuk hasilkan foto semakin cantik serta beberapa spot foto lainnya. Tidak kalah menarik, Anda juga harus menjajal perahu angsa dan rakit di danau yang indah sebagai penutup hari yang indah.

 

 

Reporter : Sulha
Editor : YC Kurniantoro