Netral English Netral Mandarin
08:53wib
Sebanyak 75,6 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto minta lakukan peningkatan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit sebesar 30-40 persen.
Wisata ke Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan yang Mudah Diakses dan Melegenda

Minggu, 11-April-2021 18:00

Air Terjun Kake Bodo
Foto : Merbabu
Air Terjun Kake Bodo
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda gemar berkunjung ke wisata alam air terjun? Atau Anda ingin berwisata ke air terjun tetapi takut aksesnya sulit ditempuh karena terjal? 

Jika ya, wisata alam yang satu uni bisa menjadi salah satu pilihannya. Nama wisatanya adalah Air Terjun Kakek Bodo yang lokasinya ada di Jalan Taman Wisata, Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. 

Nama air terjun yang satu ini diambil dari cerita legenda yang menyelimutinya. Konon di zaman Belanda ada seorang kakek yang mengabdikan hidupnya pada keluarga Belanda. Hidup kakek itu serba terjaim dan berkecukupan, tetapi suatu hari dia memutuskan untuk melepaskan semuayang dia miliki. 

Majikannya Keluarga Belanda merasa heran dan menilai kakek itu bodoh karena telah meninggalkan apa yang dimiliki. Di sisi lain, kakek itu justru bertapa di bawah air terjun dan mendapatkan kesaktian yang digunakan untuk menolong warga setempat yang kesulitan.

Di dekat ari terjun juga masih terdapat makam Kakek Bodo, pada sebuah bangunan berupa atap limas. Tetapi tidak sembarangan wisatawan bisa mengunjungi nya, karena makan dianggap keramat oleh warga sekitar.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke wisata air terjun ini setiap hari, dari pukul 7 pagi hingga pukul lima sore. Siapkan juga sejumlah uang untuk biaya tiket masuk, yakni Rp 25 Ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 40 Ribu untuk wisatawan mancanegara. 

Seperti kita ketahui bahwa wisata air terjun biasanya identik dengan jalur yang sulit dan menangtang. Tapi tidak untuk air terjun yang satu ini, karena terhitung mudah diakses. Meski demikian, Anda tetap harus berjalan kaki menyusuri anak tangga, ditemani dengan pemandangan yang tidak akan membosankan. 

Perjalanan Anda akan ditemani dengan aneka tanaman hias, pepohonan tinggi dan besar, serta suasana yang teduh. Anda juga akan merasakan sensasi berpetualang dengan melintai jempatan yang melintasi aliran sungai berbatu. 

Sesampainya di air terjun, Anda akan disambut oleh air yang terjun dari ketinggian sekitar 40 Meter. Di bawahnya terdapat kolam alami dengan kedalaman 5 meter yang bisa digunakan sebagai area bernenag, bermain air, atau sekedar duduk di batu yang ada di pinggiran air terjun.

Fasilitas wisata alam yang satu ini juga terbilang lengkap, karena disediakan area parkir luas, toilet, hingga mushola. Selain itu juga ada bumi perkemahan, kolam renang dan amfiteater. 

Apabila datang ke wisata alam yang satu ini, pastikan cuaca dalam keadaan cerah. Jangan lupa juga bawa pakaian ganti dan menjaga keaslian alam dengan menjaga keberseihan. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani