Netral English Netral Mandarin
09:57wib
Sebanyak 75,6 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto minta lakukan peningkatan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit sebesar 30-40 persen.
Wisata Puncak Guha-Garut, Lihat Pemandangan Laut 360 Derajat Hingga Lubang Kelelawar Raksasa

Kamis, 22-April-2021 12:00

Keindahan Puncak Guha.
Foto : Jejak Piknik.
Keindahan Puncak Guha.
11

GARUT, NETRALNEWS.COM – Apabila berkunjung ke Garut, Jawa Barat, coba sempatkan menjelajah wisata alamnya. Salah satu wisata yang paling favorit adalah Puncak Guha, yang lokasinya ada di Kampung Dinarjaya, Bungbulang, Garut, Jawa Barat. 

Di wisata alam Garut yang satu ini, Anda bisa melihat pemandangan laut 360 derajat. Tidak hanya itu saja, di Puncak Guha juga terdapat lubang kelelawar raksasa yang menjadi salah satu daya tariknya. 

Tidak perlu khawatir akan kesasar, Anda bisa memanfaatkan aplikasi penunjuk arah untuk sampai ke lokasi. Bisa menaiki kendaraan roda dua atau roda empat seperti mobil pun memungkinkan untuk masuk kawasan wisata yang satu ini. 

Menguntungkan bukan? Jadi Anda tidak perlu harus lelah berjalan kaki jauh untuk menikmati keindahan alam. Harga tiket masuknya juga murah, yakni Rp 5 Ribu per orang dan Anda bisa menjelajah wisata ini 24 jam. 

Akan tetapi disarankan untuk datang ke wisata Garut yang satu ini pada pagi atau sore hari. Waktu itu disarankan saat cuaca tidak begitu panas, sehingga Anda juga bisa mengeksplore wisata Garut yang populer ini. 

Turun dari kendaraan, Anda akan disambut dengan hamparan rumput yang hijau, deburan ombak dan angin laut. Anda bisa berjalan di pinggiran tebing, sambil melihat tebing sekeliling yang kokoh dan asri karena ditumbuhi tanaman hijau. 

Anda juga bisa melihat hamparan laut luas berwarna biru, dengan deburan ombak yang besar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena Puncak Guha berada di ketinggian sehingga tidak akan diterjang ombak. 

Tetapi Anda perlu hati-hati dan waspada, agar tidak berdiri dan berjalan terlalu mepet dengan tebing. Pasalnya di sebagian titik, belum ada pembatas atau pengaman khusus. 

Di wisata Garut yang satu ini, Anda bisa duduk-duduk di bawah pohon rindang dan piknik dengan menggelar tikar. Selain itu, apabila memiliki waktu luang yang lebih, Anda juga bisa mendirikan tenda dan kemping bermalam. 

Lapar dan haus? Tidak usah khawatir, karena ada banyak warung penduduk yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman yang mampu mengobati dahaga setelah berkeliling.

Salah satu minuman andalannya adalah es kelapa muda, yang bisa ditambah dengan es batu, serta gula merah bahkan perasan jeruk. Hmmm, segar dan nikmat. Harganya juga masih terbilang terjangkau dan tidak buat kantong jebol. 

Apabila sudah beristirahat sejenak, Anda bisa melihat sebuah lubang kelelawar raksasa. Di lubang tersebut, Anda bisa melihat ribuan kelelawar hitam yang hidup dan berterbangan. Uniknya lagi, di dalam lubang itu juga ada sebuah celah, dimana deburan ombak mampu menebus goa tempat kelelawar beraktivitas. 

Tertarik mendekat ke lubang kelelawar? Anda bisa mendekat ke pinggiran lubang dan melihat langsung aktivitas kelelawar. Tetapi disarankan untuk mengenakan masker karena aroma dari goa yang tidak sedap yang terhirup. 

Untuk melihat pesona keindahannya secara virtual, Anda juga bisa berkunjung ke Youtube Netralnewsdotcom dan melihat tayangan perjalanan Tim Netralnews menjelajah Puncak Guha. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani