Netral English Netral Mandarin
15:43wib
Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang merasa pernah menjadi korban dugaan penipuan oleh anak bungsu Akidi Tio, Heriyanty. Pesawat Kepresidenan ganti warna cat dari biru langit menjadi merah putih. Pergantiam cat itu menuai pro kontra.
Wisata Sejarah ke Sumur Keraton Kanoman Cirebon, Permudah Kaum Perempuan Dapat Jodoh!

Jumat, 04-Juni-2021 10:00

Sumur Keraton Kanoman, Cirebon.
Foto : Planters Forester
Sumur Keraton Kanoman, Cirebon.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apabila datang ke daerah Cirebon, tidak ada salahnya Anda mencoba mengujungi berbagai macam destinasi wisata sejarah. Salah satu destinasi wisata sejarah terpupulernya adalah Keraton Kanoman Cirebon. 

alah satu daya tarik dari wisata satu ini adalah, keberadaan tujuh sumur Keraton Kanoman. Diantara tujuh sumur, dua diantaranya berada di dalam kedaton. Dua sumur itu hanya bisa dilihat pada hari-hari tertentu saja seperti Maulid Nabi SAW. 

Berada di dalam kawasa keraton, tentu sumur tersebut bukanlah sumur biasa. Sumur dipercaya memiliki keutamaan dan funsgi sesuai dengan keinginan yang memiliki hajat. Sumur yang dimaksud berada di sebuah tempat sakral dan tempat privasi dari keluarga Keraton Kanoman bernama Kebon Jimat. 

Baca Juga :

Salah satu sumur yang paling populer adalah Sumur Penganten, yakni peninggalan sejak jaman Wali Songo. Sumur ini dipercaya mampu mempermudah kaum perempuan mendapatkan jodoh, apabila melakukan ritual mandi dan pengunjung bisa juga mengambil airnya. 

Apabila tertarik, Anda bisa datang ke Keraton Kanoman yang berlokasi di Jalan Kanoman, Nomor 40, Lemahwunguk, Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa datang ke wisata sejarah Cirebon yang satu ini pada pukul sembilan hingga lima sore. 

Baca Juga :

Keraton Kanoman Cirebon diketahui didirikan oleh Pangeran Mohammad Badrudin, yang bergelar Sultan Anom I pada 1588 M. Ciri khas dari bangunan keraton ini adalah bangunan yang didominasi warna putih, halaman luas, hingga terdapat koleksi piring-piring antik dari Eropa. 

Meski dikenal sebagai wisata sejarah, wisata yang satu ini juga tampak begitu instagramable dengan bangunan-bangunannya. Belum lagi di sekitar keraton di kelilingi oleh pepohonan rimbun hingga benteng bata. Tentu ada banyak spot yang bisa dijadikan sebagai lokasi apik untuk berfoto-foto ria.

Baca Juga :

Anda juga bisa berkunjung ke Museum Kanoman yang ada di kawasan Keraton Kanoman. Memasuki museum, Anda akan disambut dengan pintu-pintu kayu berukir. 

Di dalamnya, Anda bisa melihat koleksi museum seperti Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana. Selain itu ada juga aneka senjata seperti keris, tombak, gamelan, dan lainnya. 

Anda juga akan dibuat betah dan takjub dengan arsitektur di Keraton Kanoman. Luar biasanya, keraton ini juga terdiri dari beberapa halaman, ada halaman depan, halaman pertama, halaman kedua, hingga halaman ketiga. 

Di halaman ketiga, Anda akan temui sejumlah bangunan bersejarah seperti kaputren, tempat lonceng, bale semirang, langgar kanoman, paseban singabrata, dan jinem. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani