• News

  • Wisata

Menikmati Keseruan Festival Bahari Jakarta

Festival Bahari akan digelar pada 22-24 September di Kepulauan Seribu.
Festival Bahari
Festival Bahari akan digelar pada 22-24 September di Kepulauan Seribu.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ada apa di Kepulauan Seribu? Bukan saja wisatawan Jakarta beramai-ramai grebek Pulau Seribu, para fotografer penyelam dari seluruh Indonesia, fotografer budaya se-Jakarta Raya, perenang laut bebas, masyarakat nelayan pulau, para pedagang, seniman, musisi lokal sampai musisi World Music, dan para volunteer Milenial pecinta alam pun bersiap bergegas untuk hadir ke Pulau Seribu.

Pada perhelatan akbar Festival Bahari Jakarta, tanggal 21-22 September 2019, di Pulau Seribu khususnya Pulau Tidung akan bersuka cita dan bertabur para penikmat pantai dan pecinta alam laut.

Festival Bahari Jakarta (FBJ) menjunjung konsep “LOVE OUR OCEAN” di-ejawantahkan dengan kegiatan konservasi laut seperti aksi bersih pantai dan aksi bersih dalam laut, tranplantasi trumbu karang rencananya diawali dengan 1000 bibit karang, penanaman inisiasi dengan semangat  menanam sampai 3000 bibit mangrove, yang kesemuanya digiatkan oleh Volunteer Milenial dari komunitas Maritim Muda, anggota Pramuka Pulau Tidung, dan sukarelawan umum dari seluruh Indonesia.

Tentunya kegiatan ini adalah satu langkah untuk sejuta langkah ke depan yang akan digerakkan. Aktifitas exposure hasil konservasi alam laut dikemas dengan berbagai kegiatan, yaitu kompetisi foto under water, kompetisi budaya pesisir, menikmati open water swimming dengan berkompetisi renang OWS sepanjang lintasan 700 meter, masyarakat nelayan dan penggiat wisata pulau juga tak mau kalah dengan memamerkan kapal kayu mereka yang cantik dalam kompetisi perahu hias.

Dalam siaran persnya, Minggu (15/9/2019), panitia menyebutkan  Total hadiah yang dipersembahkan oleh Pemprov DKI senilai lebih dari 100 juta rupiah. FBJ utamanya berlokasi di Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Pari, akan dihelat pada tanggal 21-22 September 2019.

FBJ diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Pemprov DKI Jakarta, yang perwujudannya diterjemahkan oleh organizer Jak Convex, didaulat akan menjadi Pesta Rakyat Bahari pertama di Jakarta, para wisatawan, dan pecinta alam bukan hanya akan meramaikan pantai namun mereka juga akan bersama-sama bermesraan dengan alam bawah laut. Indahnya Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan cantiknya alam bawah laut kepulauan seribu, akan mengejutkan kita semua, percaya atau tidak keindahan alam bahari tersebut, masih berada di DKI Jakarta. Dengan kata lain, Kepulauan Seribu adalah opsi yang menarik dan ekonomis untuk weekend gateway.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia terdiri dari 17.504 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km dan luas perairan 70% dari luas wilayah NKRI. Kepulauan Seribu sendiri terdiri dari 110 pulau dengan 11 pulau permukiman penduduk, oleh karenanya sudah selayaknya kita memaknai alam bahari dengan sepenuh hati.

Editor : Sulha Handayani