• News

  • Wisata

Yuk Berpetualang dan Berwisata di Goa Pindul

Keindahan objek wisata di Gowa Pindul.
Grassyogya
Keindahan objek wisata di Gowa Pindul.

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah anda suka berpetualang sambil menikmati pemandangan alam? Atau anda lebih suka mengeksplorasi sungai sungai eksotis?

Kalau begitu datang saja ke Goa Pindul di Yogyakarta. Goa Pindul adalah wisata kekinian yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Bahkan, pesonanya sudah terdengar di berbagai penjuru Nusantara, sampai ke mancanegara. Pesona wisata yang bisa dibilang berbeda dari yang lain. Goa Pindul Jogja memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter.

Terdapat tiga zona yang harus dilalui ketika melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona terang terdapat di area start ketika hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter setelah memasuki pintu goa. Dan Zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul.

Aktivitas yang umumnya dilakukan di wisata ini adalah cave tubing. Cave tubing adalah aktifitas menyusuri sungai yang ada di dalam goa dengan menggunakan sebuah ban pelampung. cave tubing sebenarnya hampir mirip dengan rafting.

Hanya saja yang membedakan keduanya adalah, rafting biasanya dilakukan di aliran air sungai yang deras. Sedangkan cave tubing dilakukan di aliran sungai yang tenang.

Sejarah Goa Pindul
Nama Goa Pindul diambil dari nama Pindul. Sementara, Pindul sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu ìPipiî dan ìKebendulî Jadi, bisa disingkat sebagai dengan nama Pindul.

Goa yang satu ini terbentuk sejak zaman dahulu, menjadi salah satu goa alami yang dimiliki oleh Gunung Kidul, diperkirakan terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu.

Apalagi Stalaktit yang dimilikinya menjadi yang terbesar ke 4 di dunia.

Lokasi Goa PindulGoa Pindul terletak di Jogja , tepatnya desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul.
Rute menuju lokasi Goa Pindul Yogja

Ada dua alternatif transportasi yang dapat digunakan agar dapat sampai ke Goa Pindul Jogja, yaitu dengan menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi dengan diasumsikan berangkat dari Yogja.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani