• News

  • Wisata

Mencari Destinasi Wisata Keluarga di Belitung? Ini 4 Spot Wisata Ramah Anak

Pulau Kepayang
Pesona Travel
Pulau Kepayang

BELITUNG, NETRALNEWS.COM - Jika Anda ingin berwisata bersama keluarga di Pulau Belitung, tidak perlu ragu karena cukup banyak spot wisata ramah anak yang bisa dikunjungi. Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh, pemandangan pantai dan kondisi alam yang indah juga tersaji bagi keluarga Anda.

Tidak sedikit rekomendasi sarana bermain bagi anak-anak yang menarik, sekaligus juga bagi orang tua. Orang dewasa pun bisa beraktivitas sambil mengantar anak-anak bermain sambil berwisata. Inilah empat spot wisata ramah anak, cocok dikunjungi keluarga saat weekend gateway.

1. Pulau Kepayang
Mengapa Pulau Kepayang menjadi spot wisata yang cocok bagi si kecil? Pasalnya, pulau ini memiliki konsep ekowisata. Oleh karenanya, anak akan mendapatkan pengalaman berharga saat mempelajari alam lingkungan dan mengenal terumbu karang yang banyak ditemukan di sini.

Di tempat tersebut terdapat juga penangkaran penyu sisik, sehingga Anda bisa melepaskan bayi penyu ke laut. Seru, bukan? Tidak hanya bagi anak tetapi juga bagi orang dewasa. Anda bisa menyelam, bermain snorkeling, atau sekadar jalan-jalan seru menikmati keindahan pantai Pulau Kepayang.

2. Museum Kata
Museum yang berdiri sejak tahun 2010 ini dapat menjadi destinasi yang bisa memberikan inspirasi bagi anak-anak. Pasalnya, museum ini memiliki desain warna-warni, sehingga dapat menarik perhatian dan minat anak untuk mengeksplorasinya. Terdapat sejarah, seni sastra, dan geologi di museum ini yang bisa dipelajari anak. Mereka juga bisa mulai diperkenalkan untuk suka membaca buku.

Anda akan diajak menapaktilas perjalanan novel Laskar Pelangi  dari cuplikan halaman novel hingga menjadi sebuah film yang viral. Museum Kata Andrea Hirata ini berlokasi di Jalan Raya Laskar Pelangi Nomor 7, Gantong, Belitung Timur. Banyak foto di halaman museum yang menceritakan perjalanan karya sastra, yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Belitung ini.

3. Museum Tanjung Pandan
Selain Museum Kata terdapat museum lain yang sesuai bagi edukasi anak, yaitu Museum Tanjung Pandan. Anak-anak bisa belajar banyak terkait sejarah penambangan timah di Belitung. Pasalnya, terdapat replika tambang beserta perlengkapannya, termasuk koleksi bersejarah. Tidak hanya wisata edukasi, anak-anak bisa bermain di kebun mini. Di area museum yang terletak di Kota Tanjung Pandan ini terdapat arena bermain anak.

4. Wisata Batu Bukit Berahu
Di sini Anda sekeluraga bisa berenang di laut yang tenang, lalu dilanjutkan menikmati makan malam dengan pemandangan senja yang cantik. Selain itu, Anda bisa bersantai di atas bukit sambil menikmati kesegaran angin pantai yang sejuk.

Spot wisata ini menjadi destinasi yang cocok bagi keluarga, karena selain pantai terdapat paviliun mewah dan restoran dengan pemandangan cantik. Anda bisa menuruni 97 anak tangga untuk bermain di pantai. Pantainya juga aman, karena ombaknya tidak terlalu besar, sehingga cocok bagi anak kecil.

Nah, itulah empat tempat wisata keluarga yang bisa mengedukasi anak-anak di Pulau Belitung. Jika Anda dan keluarga ingin menjelajah Belitung, agar lebih praktis Anda bisa memesan hotel di Belitung melalui website Airy atau mengunduh aplikasinya di Android dan iOS.

Hotel di jaringan Airy Rooms menyediakan 7 fasilitas lengkap, seperti kamar ber-AC dengan tempat tidur bersih, TV layar datar, air minum gratis, Wifi, termasuk shower air hangat beserta peralatan mandi. Namun, harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak menguras dompet Anda.

Jangan khawatir transaksi di Airy pembayarannya mudah serta bebas dari unsur penipuan. Anda bisa membayar di gerai Indomaret tunai, menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Pastikan Anda mendapatkan promo hotel di Airy untuk jaminan penginapan terbaik bagi keluarga Anda.

Editor : Y.C Kurniantoro