• News

  • Wisata

Wishnutama: Labuan Bajo Miliki Kekayaan Geological History yang Unik 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melalukan peninjauan ke Obyek Wisata Gua Batu Cermin. Obyek tersebut letaknya hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Labuan Bajo.

"Tidak hanya potensi Marine Tourism yang luar biasa, ternyata Labuan Bajo juga memiliki kekayaan geological history yang unik," kata dia, dikutip dari akun resmi media sosial Instagramnya, wishnutama, Minggu (1/12/2019).

Pihaknya mengeksplorasi setiap sudut gua ditemani oleh Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong, Kadispar Kab Mabar Agustinus, Dirut BOPLBF Shana, dan Kepala Desa Batu Cermin, Sebastian.

"Kami melihat fosil ikan dan binatang lainnya yang berusia jutaan tahun di tembok-tembok gua. Di Gua Batu Cermin ini juga dikembangkan wisata budaya yang tak kalah menarik dari Suku Manggarai yang sangat unik dan menarik," jelas dia.

Selanjutnya dia mengunjungi Puncak Waringin, yang sedang dibangun KemenPUPR untuk dijadikan Rest Area bagi wisatawan dan View Point Labuan Bajo dari ketinggian.

Kata dia, Rest Area Puncak Waringin ini dibangun dengan gaya Arsitektur Nusantara, ditargetkan pembangunan tahap pertama selesai pada Desember 2019, serta tahap kedua pada Desember 2020.

"Jika sudah jadi, Kemenparekraf akan mengisi rest area ini dengan produk-produk industri kreatif masyarakat setempat. Kami akan mengelola rest area lokasi ini menjadi show case Ekonomi Kreatif di Labuan Bajo," jelas dia.

Selanjutnya, dia menuju kawasan Marina Komodo Labuan Bajo yang sedang dibangun besar-besaran. Dia meninjau Inaya Bay Hotel yang merupakan hotel bintang 5 di kawasan pelabuhan dengan kapasitas 147 kamar, langsung ditemani oleh Dirut ASDP Ira sebagai pengelola. Hotel Inaya Bay dilengkapi beberapa fasilitas, seperti sunset deck, rooftop bar, dan kolam renang dengan view yang Indah. 

Pihaknya juga sempat meninjau Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo yang telah memiliki fasilitas medis berstandard Internasional. Menurutnya, rumah sakit ini sudah mendukung kegiatan pariwisata di Labuan Bajo dan telah menangani kondisi emergency yang dialami para wisatawan domestik dan mancanegara dengan memberikan pelayanan berstandard Internasional.

"Saya akan kembali lagi ke Labuan Bajo dalam waktu dekat untuk memastikan progres pembangunan Labuan Bajo agar menjadi Destinasi Premium," ujar dia.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli