• News

  • Wisata

Melongok Kesyahduan Festival Angin di Cibuluh

Festival Angin di Cibuluh.
Dok: Astra
Festival Angin di Cibuluh.

BOGOR, NETRALNEWS.COM - Astra melalui Desa Sejahtera Astra Cibuluh, Kabupaten Subang, Jawa Barat, melakukan pembukaan Festival Angin bersamaan dengan hari ulang tahun desa yang ke-92.

Proses menyambut musim angin barat dari arah laut Jawa Indramayu menuju area selatan Jawa, merupakan tradisi tahunan bagi masyarakat setempat.

Festival Angin yang diberikan tema Murba Bayu (kuasa dan angin) berlangsung selama bulan Februari 2020. Seluruh perkampungan dari DSA Cibuluh dengan jumlah penduduk 5.221, menjadikan baling-baling bambu, layangan, dan bendera sebagai penghias utama.

Mengingat pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, Astra turut meramaikan Festival Angin dengan mengajak para komunitas sepeda dari wilayah Bandung serta beberapa komunitas budaya, guru-guru seni budaya dan para mahasiswa fakultas seni dari kampus Universitas Pendidikan Indonesia untuk memperkenalkan dan meramaikan Desa Wisata Cibuluh.

Kemeriahaan Festival Angin akan terus berlangsung melalui paparan aneka seni rakyat dari tanggal 15 hingga 16 Februari 2020, dilanjutkan dengan jelajah kampung dari 22 hingga 23 Februari 2020, dan ditutup pada akhir Februari 2020.
 

Editor : Sulha Handayani