• News

  • Wisata

Mudik Virtual Bisa Mengobati Rasa Rindu Kampung Halaman saat Lebaran 

Aplikasi mudik virtual
Istimewa
Aplikasi mudik virtual

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lebaran tahun ini terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya mudik menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk bersilaturahmi ke rumah keluarga, kini tidak dapat dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona.

Namun, bukan berarti situasi saat ini memutuskan tali silaturahmi, karena Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan sanak saudara.

Panggilan video menjadi cara efektif untuk bersilaturahmi virtual, namun jika Anda merindukan suasana kampung halaman, Anda dapat mudik virtual dengan menggunakan aplikasi Google Street View, di mana Anda dapat menjelajahi kampung halaman Anda.

Aplikasi ini tidak hanya tersedia di Play Store, tapi juga dapat diunduh di App Store. Street View memiliki tampilan peta dunia, setelah mengunduh Anda dapat mengeksplor ke tempat-tempat yang ingin Anda tuju, misalnya ke rumah orang tua.

Selanjutnya, seret jari Anda jauhkan dua jari di layar untuk memperbesar tampilan peta ke kota dan alamat yang Anda tuju -- untuk memperkecil, lakukan gerakan mencubit di layar.

Setelah mendapatkan alamat yang tepat, Anda dapat melihat hasil Google Street View di sekitar wilayah tempat tinggal. Kemudian, ketuk salah satunya, dan mulai berkeliling untuk melihat situasi sekitar rumah orang tua Anda, atau "berkunjung" secara virtual ke rumah-rumah tetangga.

Untuk berkeliling, geser ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan pemandangan 360 derajat. Anda juga dapat menggesek ke atas atau ke bawah pada garis biru. Untuk melihat tampilan yang lebih luas dan mengubah ke mode lanskap, putar perangkat ke samping.

Anda juga dapat melihat hasil Street View di aplikasi Google Maps. Pertama, masukkan alamat yang ingin dituju pada bagian penelusuran. Setelah menemukan alamat, ketuk tampilan foto kecil pada sudut kiri bawah, lalu mulai bereksplorasi untuk menelusuri jalanan tempat tinggal keluarga Anda.

 

Editor : Widita Fembrian