• News

  • Wisata

Mengenal Pulau Penang, Destinasi Wisata Malaysia yang Kerap Dikunjungi Warga Indonesia

Pulau Penang di Malaysia.
penanghill.gov.my
Pulau Penang di Malaysia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Seperti halnya di Indonesia, Malaysia merupakan negara kepulauan walaupun jumlahnya tidak sebanyak di Indonesia. Tetapi dalam hal popularitas, pulau-pulau di Malaysia cukup terkenal di kancah internasional. Salah satunya adalah Pulau Penang yang meskipun menjadi negara bagian terkecil setelah Perlis di Malaysia, namun mempunyai potensi wisata yang tak boleh diremehkan.

Pengunjung Pulau Penang datang dari berbagai turis dunia, termasuk Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia mendominasi jumlah kunjungan ke Penang. Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh wilayah yang memiliki ibu kota Georgetown satu ini. Mari ulas lebih mendalam mengenai Penang.

Lebih Dekat dengan Pulau Penang

Pulau Penang atau yang disebut juga dengan Pinang ini merupakan Negara Bagian Malaysia yang memiliki luas sekitar 293 km persegi. Lokasinya berada di Pantai Barat Laut Semenanjung Malaysia dan asal usul penamaanya sendiri berasal dari pohon pinang. Secara geografi, pulau ini di sebelah utara dan timur berbatasan dengan Kedah. Lalu di selatannya ada daerah Perak.

Penduduknya sendiri sangat heterogen atau terdiri dari berbagai suku, etnis, budaya, dan agama yang berbeda. Ada Melayu, Arab, China serta India yang hidup berdampingan, tanpa banyak gesekan. Lantaran banyaknya ragam etnis yang berada di Penang, membuat masyarakatnya juga sudah bersinggungan dengan toleransi sejak puluhan tahun lalu.

Jadi Destinasi Medical Tourism

Nama Penang sendiri di masyarakat Indonesia sudah begitu kondang. Pasalnya, banyak orang-orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan medical tourism, berobat sembari berwisata. Sudah banyak publik figur Indonesia beserta kerabatnya yang melakukan perawatan dan pengobatan ke Penang. Misalnya saja almarhum Ustaz Arifin Ilham, ayah Jessica Iskandar, ibunda Titi Kamal, dan masih banyak lagi lainnya.

Orang-orang banyak berobat ke Penang bukan tanpa alasan. Mengutip BisDev Manager Medisata Indonesia, Andri Apriyadi, faktor utama yang menjadi magnet para pengunjung adalah respon yang cepat kepada pasien. Selain itu, kualitas unggulan yang ditawarkan, baik itu dokter beserta jajaran stafnya ataupun juga dengan berbagai teknologi mutakhir.

Ditambah lagi banyak sekali pilihan rumah sakit yang ditawarkan di Penang. Mulai dari Island Hospital, Gleneagles Penang, Penang Adventist Hospital, Loh Guan Specialist Centre, Mount Miriam Cancer Hospital dan masih banyak lagi lainnya. Banyak rumah sakit yang menawarkan fasilitas penjemputan dari bandara ke rumah sakit, sehingga memudahkan para pengunjung yang berobat.

Jadi Wisata Budaya Paling Kondang di Malaysia

Hal lainnya yang membuat Penang kondang adalah destinasi wisata budaya. Unggulannya adalah Kota Tua Georgetown yang sudah terdaftar ke dalam situs warisan budaya UNESCO sejak 2008. Tidak orang yang menyebutkan jika Georgetown ini menjadi model kota tua terbaik dan kerap kali menjadi rujukan berbagai negara untuk dituju.

Saat melakukan jelajah ke Georgetown ada banyak hal yang bisa dinikmati. Mulai dari fotografi, budaya, dan lain halnya. Bagi yang gemar berfoto, Georgetown ini menjadi jujukan yang sangat tepat. Pulang-pulang bisa mendapatkan segudang koleksi foto baru. Selain Kota Tua, banyak wilayah lainnya di Penang juga bisa dijadikan pilihan antara lain Masjid Kapitan Keling, Gereja Saint George, Lebuh Armenian, Clan Jetty, dan lain-lain.

Surga Bagi Penggemar Wisata Kuliner

Selain jadi medical tourism dan wisata budaya, Penang juga menawarkan berbagai kuliner yang memanjakan perut. Pada tahun 2011, Penang pernah dinobatkan sebagai destinasi wisata kuliner terbaik oleh Lonely Planet. Mulai dari sarapan sampai dengan makan malam, semuanya tersedia dengan berbagai makanan lezat dan beragam jenisnya.

Salah satu yang bisa dicoba adalah kuliner peranakan bernama asam laksa penang. Selain itu juga nasi kandar, roti bakar, dan lain-lainnya. Rekomendasi tempat untuk berburu makanan yang sudah legendaris antara lain Kapitan Restaurant, Toh Soon Cafe, Nasi Kandar Line Clear, Restoran Sup Hameed, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan banyaknya daya tarik yang ditawarkan Penang, tidak mengherankan jika penduduk Indonesia menjadikannya sebagai lokasi favorit untuk dikunjungi. Bahkan, bagi mereka yang sedang mencari pengobatan, Penang juga jadi rujukan utama.

 

Editor : Irawan.H.P