• News

  • Wisata

Pariwisata Belitung Andalkan Wisatawan Domestik

Tempat wisata di Belitung.
Antara Foto
Tempat wisata di Belitung.

BELITUNG, NETRALNEWS.COM - Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengandalkan wisatawan domestik akibat menurunnya kunjungan wisatawan mancanegara di daerah itu selama pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Sesuai arahan Presiden saat ini kami mengandalkan wisatawan domestik," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, di tengah COVID-19 selama ini banyak masyarakat yang dilanda rasa jenuh sehingga menimbulkan minat untuk melakukan perjalanan wisata dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi kami menangkap peluang ini berupa kunjungan turis lokal atau wisatawan domestik," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga mengoptimalkan peluang penyelenggaraan "Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition" yang dilakukan oleh sejumlah instansi dan lembaga dan memilih Belitung sebagai lokasi pelaksanaan acara.

"Kami berharap dari Kementerian atau instansi lembaga melakukan MICE ke daerah-daerah wisata yang aman dari COVID-19," katanya.

Selain itu, lanjut Sahani, upaya nyata Pemkab Belitung dalam bidang pariwisata yaitu melakukan penyusunan SOP kesehatan di bandara, hotel, restoran, destinasi wisata penyedia akomodasi dan moda transportasi.

Selanjutnya melaksanakan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan para pelaku wisata dalam rangka pemulihan aktivitas kepariwisataan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kamk juga meningkatkan kepercayaan wisatawan dan menjadi daerah yang aman untuk dikunjungi dengan membranding ulang pariwisata Belitung dengan slogan Belitung terindah COVID-19 terendah," ujarnya.

Editor : Widita Fembrian
Sumber : Ant