Netral English Netral Mandarin
02:41wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Wortel, Raja Vitamin A yang Punya Segudang Manfaat Lain

Jumat, 07-Mei-2021 22:30

Wortel memiliki nutrisi berlimpah.
Foto : Vitaminku
Wortel memiliki nutrisi berlimpah.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Punya warna yang menarik dan rasa yang enak, membuat wortel banyak digemari. Apalagi, ternyata manfaat wortel sangat banyak. Wortel bahkan dijuluki sayuran dengan asupan sehat bergisi yang sempurna. 

Sayuran bernama latin Daucus carota ini memiliki reputasi baik karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Melansir Healthline, kandungan utama sayuran bertekstur renyah ini adalah air dan karbohidrat. 

Sayuran ini juga merupakan sumber serat alami. Satu wortel berukuran sedang mengandung dua gram serat. Wortel pun turut dalam deretan makanan dengan indeks glikemik rendah. Makan wortel dijamin tidak bikin gula darah melonjak. 

Selain itu, wortel juga mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, senyawa antioksidan beta karoten, alpha-karoten, lutein, likopen, sampai antosianin. 

Baca Juga :

Dengan nutrisi wortel yang lengkap, sayuran ini memiliki segudang khasiat untuk tubuh diantaranya meningkatkan kesehatan mata. Melansir Health, satu wortel berukuran besar dapat mencukupi kebutuhan vitamin A loh. 

Nutrisi ini penting untuk mendukung kesehatan paru-paru, kulit, sampai mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia. Kondisi ini membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas (rabun) di malam hari. 

Selain vitamin A, antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin dalam wortel juga menunjang kesehatan mata. Dua senyawa ini bisa melindungi retina dan lensa mata. Studi menunjukkan, wanita yang makan lebih dari dua porsi wortel per minggu lebih jarang terkena glaukoma dibandingkan yang jarang makan wortel. 

Untuk mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan mata, Anda bisa mengonsumsinya dalam kondisi mentah sebagai jus maupun sebagai campuran masakan. Selain bagus untuk mata, wortel juga menyeimbangkan gula darah. 

Serat larut dalam wortel terbukti dapat membantu mengatur kadar gula darah, insulin, dan mendukung kesehatan pencernaan. Wortel mentah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang wortel yang dimasak. 

Wortel mentah dapat memberikan pasokan energi lebih stabil, terutama bagi pemilik masalah gula darah tinggi atau penderita diabetes. Kemudian wortel juga mampu menjaga berat badan. Wortel termasuk sayuran yang rendah kalori dan tinggi kandungan serat serta air. 

Ketiganya merupakan faktor penting dalam menjaga berat badan tubuh. Satu cangkir wortel yang dipotong-potong jumlah kalorinya hanya 52 kkal. Asupan ini pas dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet rendah kalori. 

Selain itu, studi juga menunjukkan, serat larut dalam wortel dapat mengikat lemak di perut. Wortel juga berpotensi mencegah kanker. Wortel termasuk makanan kaya antioksidan. Sejumlah antioksidan dalam sayuran ini berpotensi menurunkan risiko beberapa jenis kanker. 

Di antaranya kanker paru-paru, usus besar, prostat, dan leukemia. Studi di American Journal of Clinical Nutrition menyebut, orang yang rajin makan asupan mengandung antioksidan karotenoid, risiko terkena kanker paru-paru turun 21 persen. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani