Netral English Netral Mandarin
06:39wib
Sebanyak 1.296 sekolah menjadi klaster Covid-19 di saat pembelajaran tatap muka (PTM) diduga akibat penularan. Sejumlah sumber di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sudah ditetapkan sebagai tersangka
Wow! 93% Orang Indonesia Menggunakan Ponsel untuk Berbelanja Online

Jumat, 07-Mei-2021 20:30

93% Orang Indonesia Menggunakan Ponsel untuk Berbelanja Online.
Foto : E-commerce
93% Orang Indonesia Menggunakan Ponsel untuk Berbelanja Online.
30

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ramadan sebagai hari besar bagi umat Muslim selalu memberikan insight menarik bagi para pelaku bisnis.

Pergantian pola hidup selama ramadhan berdampak juga pada daya dan habit berbelanja orang Indonesia. Sejak pandemi tahun lalu, berbelanja online dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari membeli bahan makanan hingga baju lebaran.

Namun demikian pada Ramadan 2021 ini masyarakat Indonesia mulai terbiasa dengan perayaan Ramadan di saat pandemi mengingat tahun sebelumnya juga pada kondisi yang sama.

Dalam riset Ramadan sebelumnya melakukan survey untuk mengetahui habit berbelanja online orang Indonesia pada saat pandemi dan menjelang lebaran. Insight menariknya  45% responden menghabiskan sekitar  Rp500-1.999.999 untuk membeli kebutuhan lebaran di tahun kemarin.

Tahun ini menggunakan data Google Analytics, iPrice merangkum beberapa tren mengenai berbelanja online di negara dengan mayoritas penduduk Muslim di Asia Tenggara. Riset ini merangkum insight ini menjadi satu report komprehensif mengenai tren berbelanja pada saat awal ramadhan di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Produk dalam kategori fashion masih mendominasi minat belanja konsumen online di Indonesia

Pada tahun ini produk dalam kategori fashion menduduki peringkat pertama dengan total minat belinya meningkat hingga lebih dari 8000?lam periode 2 minggu pertama di bulan Ramadan.

Riset membandingkan impression pada Google Analytics di periode 2 minggu awal Ramadhan pada tahun 2021 dan 2020. 3 dari 5 top produk yang paling meningkat minat belinya berada dalam kategori fashion yaitu Gamis pada posisi ketiga meningkat hingga 2800?n sarung pada posisi keempat 1800%.

Lebaran identik dengan perayaan keagamaan dikemas dalam tradisi. Di Indonesia, kue kering dan minuman manis menjadi primadona yang akan selalu dicari pada saat menjelang lebaran. Data membuktikan, pada peringkat kedua ada toples makanan yang minat belinya meningkat hingga 3500% lalu produk kue kering pada posisi ke-6 meningkat hingga 1600%. Diikuti oleh sirup pada posisi ke-8 dengan peningkatan hingga 1000?n kurma pada posisi terakhir dengan total peningkatan hingga hampir 800%.

Berbeda dengan Indonesia, di Malaysia dan Singapore parfume menduduki peringkat atas yang minat belinya meningkat pada bulan Ramadhan. Parfume menduduki peringkat kedua di Malaysia dengan total peningkatan hingga 6100%. Parfum menduduki peringkat pertama di Singapore dengan peningkatan presentase hingga 6000%.

Di Malaysia, 5 produk dengan peningkatan minat beli tertinggi yaitu kategori skincare, parfum, oven, baju melayu dan sofa. Sedangkan di Singapura 5 kategori produknya adalah parfum, suplemen, kompor induksi, baju kurta dan kopi. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P