Netral English Netral Mandarin
00:25wib
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak mencari Perang Dingin baru dengan China. Sejumlah jaringan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di berbagai daerah menyoroti kasus-kasus dugaan kriminalisasi petani jelang Hari Tani Nasional.
Wow, Novel dkk Minta Dukungan Persekutuan Gereja? Netizen: Virus Kadrun Merambah PGI

Sabtu, 29-Mei-2021 20:22

Novel Baswedan
Foto : Wow, Tolak Dituduh Taliban, Novel dkk Minta Dukung
Novel Baswedan
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Novel Baswedan dan kawan-kawannya bakal mendatangi Persekutuan Gereja Indonesia untuk mendapatkan penjelasan dan dukungan karena sebutan “kelompok Taliban" bagi mereka adalah tidak benar. 

Banyak warganet menyoroti hal itu. Lucunya, di akun FB Mak Lambe Turah, sejumlah netizen malah menganggap aneh atas langkah yang dilakukan Novel.

MLT: “Jadi begini...”

Bagoes: “Penyebaran Virus Kadrun Merambah ke PGI...!!! Waspadalah, Waspadalah...!!!"

Sukrisman Iman: "PENYIDIK TEBANG PILIH PECAT AJA"

Tini Jayadi: “PGI ini sdh kena virus apa ya....kok bkn urusannya diurusi.”

Goez: “Apa urisannya sama PGI??”

Sebelumnya diberitakan, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan bersama sembilan pegawai lembaga antirasuah yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) akan menemui Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom.

Kuasa hukum 75 pegawai KPK yang dinyatakan gagal TWK, Saor Siagian mengatakan kedatangan Novel tersebut untuk membantah tuduhan isu 'kelompok taliban' di internal KPK selama ini.

"Tuduhan-tuduhan taliban itu betul-betul isapan jempol, omong kosong," kata Saor di Gedung KPK, Jumat (28/5).

Saor mengatakan tuduhan terhadap 75 pegawai KPK tersebut sangat serius. Mereka dipersepsikan seolah-olah musuh negara dan anti-Pancasila.

Selain itu, kata Saor, tuduhan bahwa Novel Cs merupakan 'kelompok taliban' juga tak bisa diterima. Menurutnya, dari 75 pegawai KPK tersebut ada yang menganut agama selain Islam.

"Sebagian kawan-kawan ini adalah beragama lain dan mereka yang selama ini betul-betul telah menunjukkan integritas komitmennya," ujarnya.

Lebih lanjut, Saor mengatakan Novel dan kawan-kawan akan berbincang dengan rohaniawan gereja terkait tuduhan bahwa mereka tidak lagi bisa dibina hingga dinyatakan anti-Pancasila.

Langkah sowan atau menemui tokoh agamawan ini untuk menunjukkan bahwa mereka merupakan orang yang taat sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

"Novel sendiri nanti hadir di sana bersama dengan kawan-kawan, sekalipun mereka berbeda iman dan kepercayaan," tutur Saor.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan 51 dari 75 pegawai KPK yang tak lolos TWK memiliki catatan merah dan sudah tak bisa dibina. Mereka tak bisa bergabung lagi dengan KPK.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati