Netral English Netral Mandarin
03:34wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Wow, Ternyata Cangkang Telur Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan!

Rabu, 12-Mei-2021 16:30

Cangkang telur bermanfaat untuk dibuat suplemen.
Foto : Line Today
Cangkang telur bermanfaat untuk dibuat suplemen.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah, apabila kita memasak telur lalu langsung membuang kulitnya ke tempat sampah. Tapi siapa sangka, limbah cangkang telur ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. 

Adalah peneliti sekaligus Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr Yessie Widya Sari. Dia berhasil membuat suplemen tulang dan gigi dari limbah cangkang telur ayam. 

Suplemen yang dia buat mengandung nanohidroksiapatit, yakni senyawa analog sebagai mineral penyusun tulang dan gigi. Kombinasi antara nanohidroksiapatit dan kolagen membuat suplemen dapat membantu mempercepat pembentukan tulang dan gigi dalam tubuh. 

Baca Juga :

Inovasi ini berhasil mendapatkan pendanaan program insentif Startup Inovasi Indonesia (SII) dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi (BRIN) untuk tahun anggaran 2021. 

Manfaat dari suplemen berbahan cangkang telur yang diciptakan diantaranya:

Baca Juga :
  • Mencegah osteoporosis
  • Meningkatkan densitas tulang dan gigi
  • Meredam nyeri sendi
  • Meredakan nyeri gigi
  • Mencegah penuaan dini
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
  • Membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam darah

Peneliti Dr Yessie klaim, suplemennya mengandung kalsium dan kolagen sehingga efektivitas suplemennya lebih tinggi dibanding suplemen yang mengandung kalsium saja. Suplemennya juga diklaim dapat dikonsumsi semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan, hingga ibu hamil karena dibuat dari bahan alami. 

Baca Juga :

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani