Netral English Netral Mandarin
23:31wib
Ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Tonang Dwi Ardyanto menduga bahwa varian Omicron sudah masuk Indonesia. Sebanyak 10.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.
Yoki Yulizar Inginkan FMIPA UI Menjadi Pusat Sains dan Terapan di Asia Tenggara

Minggu, 21-November-2021 16:25

Yoki Yulizar
Foto : FMIPA UI
Yoki Yulizar
0

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Yoki Yulizar terpilih sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) periode 2021–2025, setelah unggul dari empat kandidat lainnya yaitu Prof. Alhadi Bustamam, Dede Djuhana, Tito Latif Indra, dan Rokhmatuloh.

Yoki membawa visi "FMIPA UI sebagai Pusat Sains & Terapan yang Bermartabat, Inovatif, Inklusif, Mandiri, dan Unggul di Asia Tenggara" dalam sesi asesmen.

"Saya mempunyai beberapa program kerja unggulan di beberapa bidang. Di bidang pendidikan, ia menekankan pada program-program yang bertujuan untuk membangun jejaring dan kolaborasi. Hal ini dibangun dengan cara melakukan program pertukaran pelajar, dan study trip dengan mitra-mitra internasional," kata Yoki Yulizar dalam keterangannya, Jumat.

Untuk tata kelola, Yoki ingin membentuk unit Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM) di tingkat FMIPA demi meningkatkan hilirisasi riset dan kerja sama dengan industri.

"Dalam bidang kolaborasi, jejaring yang sudah ada di dosen-dosen, harus kita amplifikasi. Dosen dan mahasiswa ketika mengikuti kegiatan internasional, harus tidak hanya ikut, namun juga berpartisipasi aktif di dalamnya setelah kegiatan, agar dapat menindaklanjuti potensi kolaborasi riset, pertukaran, dan potensi kerja sama lainnya," ujar Yoki seperti dilansir Antara.

Ia juga akan menggunakan prinsip cost-sharing dengan mitra-mitra eksternal dalam mengelola sarana-prasarana di FMIPA UI, serta melakukan pemberdayaan teknologi dalam mengelola fasilitas fakultas.

Dalam bidang keuangan, ia ingin melakukan peningkatan pemasukan non-pendidikan dengan melakukan komersialisasi sarana dan fasilitas serta monetisasi kekayaan intelektual FMIPA UI. Tidak hanya itu, Yoki juga akan melakukan pembenahan dalam beberapa bidang yang ia anggap penting dalam membangun FMIPA UI, seperti bidang perekrutan sumber daya manusia, riset-inovasi, serta beberapa program penguatan dalam kemahasiswaan dan alumni.

Yoki Yulizar adalah Guru Besar Tetap Kimia FMIPA UI. Bidang spesialisasi yang ia tekuni adalah kimia nano, kimia permukaan dan kimia koloid. Ia mendapatkan pendidikan sarjananya di FMIPA UI untuk kemudian melanjutkan jenjang magister dan doktornya dalam bidang kimia permukaan di Osaka University, Jepang di tahun 2001 dan 2004.

Sepanjang perjalanan karirnya, ia sudah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah penghargaan poster terbaik dalam seminar nasional kimia terapan Indonesia LIPI-Dirjen HKI pada tahun 2011 dan penghargaan poster terbaik dalam The 2000 International Chemical Congress of Pacific Basin Societies, di Hawaii, Amerika Serikat.

Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Dekan FMIPA UI Bidang Sumber Daya Ventura, dan Administrasi , dan pernah menjabat sebagai Kasubdit Pengmas Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI pada tahun 2007-2010.*

Reporter : Antara
Editor : Taat Ujianto

Berita Terkait

Berita Rekomendasi