Netral English Netral Mandarin
05:02wib
Hampir seluruh negara di dunia meningkatkan pembatasan Covid-19 ketika kasus varian Delta melonjak, yang tidak sedikit orang menentangnya. Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa bahu-membahu berupaya melawan pandemi Covid-19.
Yuk Hitung Konsumsi Bahan Bakar Mobil Sendiri

Rabu, 26-Mei-2021 23:59

Ilustrasi mengisi bahan bakar mobil.
Foto : business recorder
Ilustrasi mengisi bahan bakar mobil.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kondisi lalu lintas saat ini, terutama di perkotaan, selalu diwarnai dengan kemacetan. Karena itu, memiliki mobil irit dengan konsumsi bahan bakar minim menjadi idaman para pengguna kendaraan pribadi. 

Karena itu, irit atau tidaknya bahan bakar pada sebuah kendaraan kerap menjadi salah satu pertimbangan yang penting saat ingin membeli mobil. Bahkan, tidak jarang juga pemilik yang ingin mengetahui mobilnya irit atau tidak. 

Melansir Hyundai Indonesia dalam Otosia.com, banyak yang belum tahu bagaimana sih sebenarnya cara mengetahui konsumsi BBM pada mobil irit?

Untuk mengetahui mobil irit, banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya seperti metode full to full. Untuk lebih jelas bagaimana pengujiannya, simak penjelasan di bawah ini:

Mengetahui mobil irit, Sahabat cukup mengisi tangki bahan bakar mobil sampai penuh atau full, dan catat berapa kilometer di odometer atau penunjuk jarak tempuh. Misalnya, pada odometer tertera 2.000 km, dan kita kasih lambang A.

Langkah selanjutnya, gunakan kendaraan untuk beraktifitas seperti biasa sehari hari. Kemudian, isi kembali bahan bakar mobil Sahabat sampai penuh atau full, dan catatlah kembali berapa liter bahan bakar yang kita isikan di tangki mobil. Misalnya saja 30 liter dan kita kasih lambang F.

Catat juga berapa kilometer pada odometer mobil atau penunjuk jarak tempuh setelah kita isi bahan bakar yang kedua tadi. Misalnya, tertera 2.300 km dan kita kasih lambang B.

Jika Anda bingung, kira-kira seperti inilah rumus untuk menghitung jumlah komsumsi bahan bakar:

A = 2.000 Km (kilometer awal)B = 2.300 Km (kilometer akhir)F = 30 Liter Rumusnya: (B – A) / F = Hasil Km/Liter(2300 – 2000) / 30 = 10 Km/Liter

Sehingga dari penjumlahan diatas, Sahabat bisa melihat bahwa komsumsi BBM mobil untuk jarak tempuh 300km adalah 30 liter.

Dengan demikian, dapat diketahui rata-rata mobil mampu menempuh 10 km dengan 1 liter bahan bakar atau kerap disebut memiliki rasio 1:10 (jumlah bahan bakar banding jarak tempuh) dengan perhitungan tersebut bisa juga dinyatakan mobil irit. . 

Nah Sahabat, begitulah kira-kira cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui mobil irit bahan bakar atau tidak. Semoga dengan cara diatas, Sahabat sudah bisa menilai sendiri apakah kendaraanmu atau kendaraan yang akan dibeli termasuk dalam kategori mobil irit.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP