Netral English Netral Mandarin
14:32wib
Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengaku sudah menyelesaikan 24 masalah yang tertunda ke Badan Anti Doping Dunia (WADA). Pemerintah berencana memberikan vaksin Covid-19 booster pada masyarakat.
Yuk Vaksin Hewan Peliharaan Anda, Ini Efeknya jika Malas

Selasa, 28-September-2021 14:00

Anjing Anda juga perlu divaksin.
Foto : Antara
Anjing Anda juga perlu divaksin.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Barat digandeng oleh SmartHeart Indonesia mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan penyakit rabies melalui penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk anjing secara gratis.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, berharap bisa terus bekerja sama dengan SmartHeart Indonesia dalam vaksinasi rabies gratis tahun berikutnya demi mencegah penyakit rabies di Indonesia.

“Kami berharap tahun berikutnya bisa mengadakan vaksinasi rabies gratis, sebab perlu sekali dilakukannya vaksinasi rabies secara masif guna mencegah penyakit berbahaya ini," kata Iwan, Selasa, (28/9/2021).

Dokter hewan Aulia Jasmine menegaskan bahaya dari penyakit rabies bila tidak dikendalikan.

“Penyakit rabies adalah salah satu penyakit strategis dunia yang bersifat zoonosis (menular dari hewan ke manusia) dengan tingkat kematian yang tinggi. Pengendalian penyakit rabies yang efektif adalah dengan cara pencegahan melalui vaksinasi rabies,” kata Aulia, dilansir Antara.

Aulia menambahkan, sebagian besar wilayah Indonesia belum bebas rabies. Baru sebagian kecil yang memiliki status nol kasus rabies, termasuk ibu kota. Sejak 2004, Kementerian Pertanian telah menetapkan DKI Jakarta sebagai provinsi bebas rabies.

Hari Rabies Sedunia merupakan sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September di setiap tahun. Peringatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan penyakit rabies.

Vaksinasi rabies gratis juga dilakukan di tempat lain termasuk Tangerang yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Tangerang, Minggu (26/9). Total ada seribu vaksin yang disediakan bagi para pemilik hewan sebagai upaya mengantisipasi penyakit rabies. 

Reporter : Antara
Editor : Sulha Handayani