Netral English Netral Mandarin
12:08wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Yuk Vanik, Vaksin Sambil Piknik

Kamis, 29-Juli-2021 13:45

Dreamland Cicalengka
Foto : Kemenparekraf
Dreamland Cicalengka
25

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pernahkah terbayang dalam diri Anda, melakukan vaksin sambil pikinik? Ups, tapi tunggu dulu, di masa PPKM seperti sekarang ini berbagai tempat wisata banyak yang tutup. Namun, Anda bisa melakukannya.

Di beberapa daerah sengaja menyediakan pusat vaksinasi di tempat wisata. Sebut saja, Gunung Kidul yang menghadirkan pantai cantiknya. 

Kemudian Cicalengka Dremland yang juga menjadi pusat vaksinasi. Sentra vaksinasi yang mengusung tema VANIC (vaksinasi asyik di tempat picnic) ini merupakan hasil kolaborasi Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cicalengka dengan Dreamland Cicalengka. Sentra vaksinasi ini diperuntukkan bagi pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat umum dengan target 600 peserta vaksin.

 Sandiaga Uno mengapresiasi kolaborasi berbagai pihak dalam membantu upaya pemerintah melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi. Sehingga, sentra vaksinasi ini diharapkan dapat menekan laju penyebaran COVID-19 dan membantu tercapainya herd immunity, khususnya bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Cicalengka Dreamland dan Forkopimcam Cicalengka yang sudah ikut menyukseskan program nasional untuk mempercepat vaksinasi COVID-19,” kata Sandiaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan vaksinasi COVID-19 menjadi kunci sukses pemulihan ekonomi nasional, khususnya sektor parekraf.

Sandiaga mengatakan program vaksinasi COVID-19 yang kini tengah dikebut pemerintah harus didukung penuh oleh semua pihak, termasuk masyarakat.

"Kemenparekraf terus melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi guna membangkitkan kembali sektor parekraf, terutama mempertahankan lapangan kerja di tengah badai pandemi COVID-19," kata Sandiaga dikutip dari keterangan resmi, Rabu, (28/7/2021).

"Karena ini adalah sumber penghasilan dan nafkah masyarakat, khususnya di sektor parekraf yang memiliki multiplier effect (pengaruh besar) yang luar biasa," tutur Sandi.

Kemenparekraf telah meluncurkan program vaksinasi di destinasi wisata, di antaranya Yogyakarta, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya.

Dalam program hasil kolaborasi para pelaku usaha serta pemerintah daerah itu, pihaknya berusaha menghadirkan sentra vaksinasi di sejumlah destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif.

"Salah satu programnya adalah Vanik, yaitu vaksin bersama sekaligus piknik," ungkap Sandiaga Uno.

"Nah itu adalah vaccine with a view dengan menjadikan enam Perguruan Tinggi Nasional Pariwisata dan tiga Badan Otorita di bawah Kemenparekraf untuk mendorong terlaksananya kolaborasi vaksin di berbagai daerah guna mempercepat target capaian 2 juta vaksin per hari," jelasnya.

Guna menyukseskan program tersebut, pihaknya turut serta berkolaborasi dengan para pelaku industri pariwisata, di antaranya Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) untuk memberikan layanan kepada para tenaga kesehatan.

"Kemenparekraf bersama industri pariwisata juga mendukung hal yang perlu disiapkan, terutama dari segi prasarana dan sarana dalam mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi. Kami terus melihat ada peluang untuk meningkatkan, karena sektor parekraf ini mencakup 34 juta masyarakat Indonesia," jelasnya.

Terkait ketersediaan vaksin, pihaknya diungkapkan Sandiaga Uno juga terus berkoordinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga, termasuk pemerintah daerah untuk mendata kebutuhan vaksin.

Dia berharap agar animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin tidak menurun hanya karena terbatasnya jumlah ketesediaan vaksin di sentra vaksinasi COVID-19.

"Kami melihat seperti di Dreamland, Kabupaten Bandung pagi ini, Alhamdulillah vaksinasinya berjalan lancar, tapi betul, animo masyarakat tinggi, namun ketersediaan vaksin harus kita tingkatkan. Dengan begitu vaksin dapat terdistribusi dengan lebih baik," pungkas Sandiaga. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P