Netral English Netral Mandarin
11:14 wib
Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri akan digelar pada Rabu (20/1/2021). Polda Metro Jaya menjadwalkan pada Rabu (20/1/2021) gelar perkara terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad.
5 Manfaat Mentimun untuk Kulit Anda, Patut Dicoba!

Minggu, 13-December-2020 11:00

Ilustrasi
Foto : Pexels
Ilustrasi
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dikemas dengan sekumpulan vitamin, mineral dan nutrisi, mentimun menjadi salah satu tambahan yang sehat untuk diet apa pun. 

Tahukah Anda bahwa 96 persen berat mentimun hanyalah air? Kandungan air mentimun yang tinggi membantu mengatur keseimbangan air tubuh, terutama di hari-hari panas. Karena sangat kaya akan air dan serat, mentimun juga merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan secara efektif. 

Selain itu, mentimun juga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari ritual perawatan kulit dan kecantikan sejak beberapa generasi.



Berikut cara menggunakan mentimun untuk berbagai masalah kulit Anda dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Lingkaran Hitam

Menempatkan irisan ketimun di mata tidak hanya membebaskan mata Anda dari semua stres hari ini, tetapi juga dapat melakukan keajaiban untuk lingkaran hitam di bawahnya. 

Mentimun memiliki silika, senyawa yang membantu mencerahkan lingkaran hitam. Namun, harus dipahami, bahwa ini hanyalah perbaikan sementara. Untuk benar-benar menghilangkan lingkaran hitam, buat perubahan yang sehat pada diet Anda.

Apa yang perlu Anda lakukan?

Anda bisa meletakkan mentimun parut di lingkaran hitam Anda dan diamkan selama delapan hingga 10 menit. Bilas dengan air dingin. Anda juga bisa meletakkan dua potong mentimun langsung di mata Anda.

2. Kulit kecokelatan

Mentimun yang selalu mendinginkan dapat membantu menenangkan kulit yang kecokelatan atau terbakar matahari. Khasiat astringent mentimun yang ringan dianggap sangat efektif untuk mengurangi warna kecokelatan dan iritasi.

Apa yang perlu Anda lakukan?

Jus mentimun dan air mawar berfungsi sebagai alat pendingin untuk menenangkan kulit yang berwarna coklat dan bintik-bintik merah. Untuk menggunakannya secara efektif, ambil satu sendok makan jus mentimun, jus lemon, dan air mawar, lalu aduk rata dalam mangkuk. Gunakan larutan ini ke seluruh wajah dan bersihkan dengan air dingin setelah 10 menit. Ini membantu mengubah kulit Anda menjadi sehat dan sehat

3. Mengontrol Bengkak Mata

Mata Anda bisa membengkak karena berbagai alasan - kurang tidur, terlalu banyak alkohol, alergi debu, atau bahkan stres. Itu bisa membuat Anda terlihat lesu dan lelah. Mentimun memberikan efek pendinginan pada mata yang lelah dan stres.

Apa yang kamu butuhkan

Letakkan irisan mentimun dingin di mata Anda dan diamkan selama 10-15 menit. Ini cara yang bagus untuk menyegarkan mata yang bengkak dan lelah.

4. Mengobati Kulit Kusam

Panas yang menyengat dan polusi yang tiada henti dapat merusak kulit dan memengaruhi kilau alami wajah Anda. Mentimun dapat memberikan kehidupan pada kulit kusam dan tidak bernyawa, dan meremajakannya dari dalam karena sifat anti-inflamasi dan pelembabnya. Mentimun juga berfungsi sebagai astringent ringan yang juga membantu meredakan iritasi kulit ringan.

Apa yang Perlu Anda Lakukan?

Campur satu bagian jus mentimun dengan satu sendok teh jus lemon. Oleskan campuran pendingin ini di wajah Anda setiap hari. Biarkan selama 10 menit. Gunakan handuk basah untuk mengeringkan kulit Anda.

5. Mengobati Noda

Mencuci wajah setiap hari dengan air mentimun adalah cara yang bagus untuk menghilangkan noda dan bintik-bintik. Sifat antiinflamasi yang sangat baik dari mentimun dapat membantu menenangkan kulit dan memberi Anda kulit yang bersinar dan bebas noda.

Apa yang Perlu Anda Lakukan?

Campurkan satu sendok makan gandum dengan bubur mentimun dan diamkan selama satu jam. Oat dapat mengelupas dan menjaga kulit tetap bersih. Oleskan di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Basuh wajah Anda dengan air dingin.

Mencuci wajah setiap hari dengan air mentimun adalah cara yang bagus untuk menghilangkan noda dan bintik-bintik.

Reporter :
Editor : Tommy Satria