Netral English Netral Mandarin
08:01 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Ahok Kritik Keras Kenaikan RKT, DS: Seneng Denger lagi Kritikan BTP

Senin, 07-December-2020 13:29

Pegiat Medoa Sosial Denny Siregar
Foto : Istimewa
Pegiat Medoa Sosial Denny Siregar
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar menanggapi kritikan keras mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menurutnya sudah Ahok tak memberikan kritikan keras terhadap kebijakan yang tak pro rakyat.

"Senang dengar lagi kritikan keras @basuki btp, udah lama gak ada momen seperti ini lagi.. Harusnya ditambahin, "TUNJANGAN NENEK LU !" kata Denny dalam akunnya, @Dennysiregar7.



Sebelumnya Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik keras kabar rencana kenaikan tunjangan DPRD DKI Jakarta. Dia terang-terangan tidak suka dengan wacana tersebut.

Sebab, pandemi COVID-19 saat ini saja membuat pendapatan asli daerah (PAD) DKI turun, hingga tunjangan ASN/PNS dipotong 50 persen.

"Kalau DPRD menaikkan penghasilan, saya pun tidak suka. Itu nggak benar," kata Ahok melalui video di channel YouTube 'Panggil Saya BTP', dikutip Senin (7/12/2020).

Ahok menilai tunjangan yang diterima oleh anggota DPRD DKI saat ini sudah cukup, misalnya tunjangan perumahan Rp 60 juta, dan tunjangan kendaraan Rp 21,5 juta.

"Kalau kamu sewa rumah di Menteng, sewa rumah di Menteng juga bukan di jalan jalan Imam Bonjol, Teuku Umar yang gede-gede gitu lho. Ini ada asas kepatutan ukuran rumah dinas DPRD yang disediakan itu berapa. Kalau ukurannya 200 meter atau 400 meter, saya sewa rumah di Menteng perasaan cuma Rp350 juta - Rp400 juta, rumah tua 1 tahun," paparnya.

Untuk tunjangan kendaraan, menurutnya biaya sewa mobil sebulan pun seharusnya tidak sampai Rp 21,5 juta.

"Coba dicek di rental mobil ini sebulan berapa sih? Belasan juta saja rental mobil waktu itu. Jadi, harusnya kita memberikan uang tunjangan transport kepada dewan senilai harga dia sewa mobil dari perusahaan rental. Ini dimaksud ayat atau pasal mengatakan asas kepatutan kelayakan," ujarnya.

Jika dia yang ada di posisi sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok mengaku tidak akan pernah setuju dengan nilai tunjangan yang tidak realistis.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati