Netral English Netral Mandarin
20:13 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Catat, Ini Alat Kontrasepsi yang Aman Digunakan saat Pandemi Covid-19

Senin, 14-December-2020 23:02

Ilustrasi alat kontrasepsi.
Foto : Istimewa
Ilustrasi alat kontrasepsi.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua ILUNI FKUI 1996 dan Ketua Umum Panitia Pelaksana Dies Natalis FKUI 2021, Prof Dr dr Budi Wiweko SpOG(K), MPH paparkan terkait layanan kontrasepsi saat Pandemi Covid-19.

 

Kata Prof Budi, bentuk kontrasepsi jangka panjang yang reversibel sangat mungkin menjadi kontrasepsi yang efektif selama setahun atau lebih dari yang biasanya direkomendasikan. Hal ini tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama sehingga pasien mungkin disarankan untuk menunda penggantian untuk sementara waktu. 



"Sebagai contoh, IUD copper seperti T dilisensikan selama 10 tahun tetapi tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama dan cenderung efektif untuk kontrasepsi hingga 12 tahun," kata Prof Budi, Senin (14/12/2020).

 

Pernyataan ini disampaikan Prof Budi saat Konferensi Pers Virtul dalam rangka Dies Natalis KFUI 2021: Karsa dan Cita untuk Indonesia. Turut hadir dalam acara tersebut, Dekan FKUI Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP; Ketua Pelaksana Dies Natalies FKUI 2021 dr Fifi Mutia; Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia dr Zaini K Saragih SpKO.

 

Lebih lanjut dipaparkan Prof Budi, ada Levonorgestrel 52 mg seperti Mirena yang dilisensikan selama 5 tahun tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama dan cenderung efektif untuk kontrasepsi selama 6 tahun. Kontrasepsi ini dapat digunakan dengan aman dari usia 45 sampai 55 tahun. 

 

Ada pula kontrasepsi implant yang dilisensikan selama 3 tahun tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama dan cenderung efektif untuk kontrasepsi selama 4 tahun. 

 

Ditegaskan dia, semua kontrasepsi aman digunakan pada semua perempuan di masa Pandemi Covid-19. 

 

Kontrasepsi hormonal justru disebut memiliki keunggulan dalam beberapa hal karena sifat estrogen sebagai modulator sistem imunologi tubuh.

 

"Bahwa semua jenis kontrasepsi aman digunakan pada semua perempuan di masa pandemi ini," tegas dia.

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli