Netral English Netral Mandarin
04:10 wib
Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1). Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021.
Terungkap Alasan Hasil Rapid Test Sambal Cireng Rina Nose Bisa Positif Covid-19

Selasa, 22-December-2020 12:00

Rina Nose
Foto : Istimewa
Rina Nose
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Baru-baru ini, Artis Rina Nose melakukan eksperimen rapid test pada sambal cireng dan hasilnya positif. Rina bingung, pasalnya dia dan orang rumahnya memakan sambal dari mangkuk yang sama dan hasil rapid testnya negatif.

Mengetahui hal ini, Pakar Kimia-Farmasi Universiti Putra Malaysia Bimo A Tejo PhD PgD angkat bicara. Dia tegaskan bahwa alat rapid test antigen sangat sensitif pada keasaman atau pH sampal yang digunakan.

Maka dari itu sampel swab hidung harus dimasukkan ke dalam larutan penyangga atau disebut buffer. Itu dilakukan agar keasamannya stabil di kisaran pH 7-8.



“Nila pH sambal cireng, selai apel, dan Coca Cola berada di luar nilai pH yang diizinkan sehingga merusak alat rapid test antigen,” jelas Prof Bimo, dikutip dari unggahan Instagramnya, Selasa (22/12/2020).

Lantas apa yang terjadi apabila pH sampel yang digunakan terlalu rendah? Dia sebut larutan pH rendah akan merusak antibodi dan nanopartikel.

“Karena antibodi dan nanopartikel rusak, mereka tersangkut dan mengendap di test line serta control line -> muncul dua garis -> positif,” jelas dia.

Prof Bimo simpulkan, penggunaan alat rapid test antigen harus dilakukan sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh pabrik.

“Perbuatan iseng yang membingungkan publik adalah hal yang sangat tidak terpuji dalam kondisi sulit seperti saat ini,” tegas dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati