Netral English Netral Mandarin
01:25 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Kalau Ada yang Bilang RS itu Meng-COVID-kan Pasien, Ini jawabannya

Minggu, 27-December-2020 08:10

RS Sidorjo
Foto : RS Sidoarjo
RS Sidorjo
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur RSUD Sidoarjo, Jawa Timur yang juga Dokter Spesialis Paru-paru, Atok Irawan mengingatkan masyarakat agar tidak menyalahkan rumah sakit terkait covid-19.

Menurut Atok, Covid adalah virus dengan manifestasi 1000 wajah penyakit, dari yang tanpa gejala, flu ringan sampai yang kerusakan organ vital tubuh yang menimbulkan kematian.

Menurut dia ada pasien masuk RS dengan stroke, dirawat 4 hari, kok sesak, di-swab ternyata positif. Lalu stroke-nya apa? Stroke bisa jadi diagnosis utama, lalu menyebabkan penurunan imun, lalu terinfeksi corona jadilah covid.



Atau stroke adalah manifestasi dari covid.  Karena pada covid terjadi pembekuan darah besar-besaran, kalau bekuannya di otak, jadilah stroke. Kalau bekuannya menyumbat pembuluh darah jantung, jadilah serangan jantung. Kalau virusnya masuk saluran cerna, jadilah seperti gejala tifus, mual, muntah, diare. Kalau menyumbat paru-paru jadilah manifestasi sesak nafas.

Ia menambahkan gejala klinis Covid tidak mesti batuk pilek, nyeri menelan  saja, manifestasinya bisa bermacam macam.Ada yang datang dengan Stroke, DM, Tifus ternyata covid.

“Ada yang bertanya, Lah tapi nenek saya sudah stroke puluhan tahun, tidak bisa ke mana mana, kenapa pas kontrol didiagnosis corona. Kan gak pernah kemana-mana?.”

Atok menerangkan, mungkin dapat nya virus dari Anda? Anda kan ke mana-mana, masih muda, terinfeksi tapi gak bergejala karena imun tubuh kuat, carrier namanya atau OTG ( Orang Tanpa Gejala). “Si nenek imunnya rendah, tiap hari anda tengokin, disuapin,pasti kena dari Anda."

Bahkan pada penelitian terakhir, Covid bisa menyebabkan DM atau Kencing Manis berubah menjadi ketoasidosis. Jadi pasien yang sudah DM lama lalu tidak sadarkan diri, ternyata ketoasidosis, begitu di-swab hasil positif, jadi Covid.

Karena patofisiologi-nya Covid bisa memicu DM menjadi ketoasidosis DM, yaitu kondisi gawat darurat di mana gula darah melonjak tinggi secara mendadak.

“Jadi kesimpulannya, kalau ada keluarga dibawa ke ruma sakit karena stroke, DM, HT, jantung, kecelakaan atau melahirkan, kok kemudian dicek swab hasilnya positif, maka jangan buru-buru berburuk sangka ini bisnis rumah sakit. “

Atok menambahkan karena covid bisa menyerupai seribu wajah penyakit, atau dia juga bisa menempel ke penyakit-penyakit  yang sudah ada tadi, DM misalnya atau stroke, atau kecelakaan.

“Sepertinya mindset kita memang harus berjalan seiring dan sejalan, antara medis, pemerintah dan masyarakat, agar tidak ada suudzon di antara kita.”

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani