Netral English Netral Mandarin
08:34 wib
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto menggugat pemerintah Indonesia membayar ganti rugi sebesar Rp56 miliar terkait penggusuran dalam proyek pembangunan Tol Depok-Antasari di Jakarta Selatan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1).
Makna Dibalik Jaket Biru di Menteri Baru

Rabu, 23-December-2020 06:30

Menteri Baru mengenakan jaket biru.
Foto : Biro Pers
Menteri Baru mengenakan jaket biru.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ada pemandangan yang berbeda saat Presiden Joko Widodo mengumumkan menteri baru pada Selasa, (22/12/2020) di Istana Merdeka.

Tampilan kali ini agak berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Sebelum ini, biasanya para menteri jajaran Kabinet Indonesia Maju cukup hanya mengenakan kemeja putih. Penambahan jaket berwarna biru membuat tampilan terlihat lebih segar.

Keenam Menteri yang siap menempati posisi baru ini tampak cereal mengenakan baju putih dibalut dengan jaket berwarna biru langit.



Keenam menteri tersebut adalah Tri Rismaharini, (Menteri Sosial), Sandiaga Uno, (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif),Budi Gunadi Sadikin, (Menteri Kesehatan,  M Luthfi (Menteri Perdagangan), Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), dan Satrio Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikananan).

Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media Bey Machmudin dalam siaran persnya, menjelaskan tak ada alasan khusus dalam pilihan warna jaket yang dikenakan. Warna biru dianggap menarik untuk dilihat mata.

”Warnanya, sih, keren aja, eye catching. Kapan harus tetap segar cerah, ceria, dan semangat,” ujar Bey Machmudin.

Namun, biru sendiri kerap diidentikkan dengan warna air dan langit. Tak heran jika warna biru umumnya dapat memberikan nuansa yang tenang.Biru juga digambarkan sebagai warna yang segar. Warna biru kerap diidentikkan dengan kedalaman, kepercayaan, kesetiaan, dan kebijaksanaan.

Biru juga digunakan secara luas untuk mewakili ketenangan dan tanggung jawab. Biru muda atau cerah bisa memberikan kesan menyegarkan dan ramah. Sementara biru yang lebih tua memberikan kesan kuat dan dapat diandalkan.

Seperti menukil Very Well Mind, dalam mataid.com, warna biru sering ditemukan di alam seperti biru pucat pada langit siang hari atau biru tua yang kaya dari genangan air yang dalam. Karena alasan inilah mungkin orang sering menggambarkan warna biru sebagai warna yang tenang dan tenteram. Namun, sebagai warna yang sejuk, biru terkadang tampak sedingin es, jauh, atau bahkan dingin.

Menurut psikologi warna, biru digambarkan sebagai warna favorit banyak orang dan merupakan warna yang paling disukai oleh pria. Karena biru disukai oleh banyak orang, itu sering kali dipandang sebagai warna yang tidak mengancam yang terkesan konservatif dan tradisional.

Biru memanggil perasaan ketenangan atau ketenangan pikiran. Itu sering digambarkan sebagai kedamaian, ketenangan, keamanan, dan ketertiban. Biru sering dilihat sebagai tanda stabilitas dan keandalan. Bisnis yang ingin memproyeksikan citra keamanan sering kali menggunakan warna biru dalam upaya periklanan dan pemasaran mereka.

 

 

Reporter :
Editor : Sulha Handayani