Netral English Netral Mandarin
15:02 wib
Sony Pictures mengumumkan tunda perilisan film baru mereka. Film Cinderella yang sedianya dijadwalkan rilis pada 5 Februari 2021 diundur ke 16 Juli 2021. Film Ghostbusters: Afterlife juga diundur. Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati.
Mampu Jaga Pertumbuhan Kinerja di Tengah Pandemi, 26 BPD Raih Penghargaan Ini

Senin, 30-November-2020 05:00

Ilustrasi kalkulator dan buku tabungan.
Foto : bankrate.com
Ilustrasi kalkulator dan buku tabungan.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Walau kondisi perekonomian masih melambat akibat pandemi, kinerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) mampu senantiasa bertumbuh. Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Wimran Ismaun menuturkan, pertumbuhan tersebut bisa dilihat dari beberapa beberapa indikator yang berhasil dibukukan oleh BPD se-Indonesia.

Dijabarkannya, per Agustus 2020 aset BPD telah mencapai Rp772,58 triliun, atau meningkat sebesar 10,46% dibandingkan posisi Agustus 2019 yang hanya bertengger di angka Rp699,43 triliun. Posisi kredit BPD mencapai Rp476,93 triliun atau meningkat sebesar 7,14% dibandingkan posisi Agustus 2019 yang ada di kisaran Rp445 triliun. 

Selain itu, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Agustus 2020 juga meningkat sebesar 12,07% year-on-year. Tercatat, saat ini ada 3 BPD yang masuk dalam Buku I, sementara Buku II dan Buku III masing-masing sebanyak 20 dan 4 BPD.



“Namun posisi Desember ke depan, Insya Allah semua BPD sudah masuk ke dalam buku II sampai buku III,” ucap Wimran Ismaun dalam e-awarding Indonesia Best BPD Award 2020 bertema “Business Acceleration Toward A Better and Continuous Regional Development” yang digelar secara virtual, pada akhir pekan ini.

Wimran berharap, melalui penghargaan ini, BPD dapat semakin meningkatkan kinerja bisnisnya, lebih mengembangkan inovasi produk serta jasa, mengembangkan sinergi, serta integrasi bisnis agar dapat berkontribusi demi kemajuan pembangunan ekonomi di daerah masing-masing.

“Penghargaan ini juga dapat semakin meningkatkan kinerja terbaik dari masing-masing BPD dan dapat memacu semangat seluruh pegawai dan stakeholder,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, mengatakan kalau BPD punya peranan yang sangat penting, mengingat keberadaannya berdekatan langsung dengan masyarakat. 

“Sehingga kita perlu memberikan perhatian lebih kepada BPD. Saya bertugas di MPR sebagai wakil ketua, telah membicarakan hal ini dengan Menteri Keuangan agar ada fund khusus, ada dana khusus untuk membantu BPD,” pungkas Fadel. ‘

Untuk diketahui, dalam Indonesia Best BPD Award 2020 ini, tim peneliti menggunakan pendekatan desk research deskriptif kuantitatif untuk menilai kinerja keuangan perusahaan berdasarkan laporan tahunan atau laporan keuangan tahun 2019 yang dikeluarkan perusahaan.

Selain itu, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan metode media monitoring untuk menilai kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk ataupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun  ekspansi bisnis. 

Berikut ini adalah daftar pemenangnya, yaitu Bank Aceh Syariah, Bank SUMUT, Bank Riau Kepri, Bank Nagari, Bank Jambi, Bank Bengkulu, Bank Sumselbabel, Bank Lampung, Bank Jabar Banten, Bank DKI, Bank Jateng, Bank BPD DIY, Bank Jatim, Bank Kalbar, Bank Kalsel, Bankaltimtara, dan Bank Kalteng.

Selanjutnya, Bank BPD Bali, Bank NTB Syariah, Bank NTT, Bank Sulselbar, Bank SulutGo, Bank Sulteng, Bank Sultra, Bank MalukuMalut, dan juga Bank Papua.
 

Reporter :
Editor : Irawan HP