Netral English Netral Mandarin
07:10 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Memaknai Natal, Toleransi, dan Menjaga NKRI

Jumat, 25-December-2020 09:47

Ilustrasi: Memaknai Natal, Toleransi, dan Menjaga NKRI
Foto : Istimewa
Ilustrasi: Memaknai Natal, Toleransi, dan Menjaga NKRI
0

RANGKASBITUNG, NETRALNEWS.COM - Natal 2020 telah tiba. Selain bermakna secara spiritual, Natal juga sangat berarti sebagai momen untuk membawa pesan bagi bangsa dan negara Indonesia.

Pesan ini di antaranya tercermin dalam pernyataan Pendeta Gereja Pasundan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten Robert menyampaikan toleransi perlu dikembangkan dan dilestarikan guna membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita bangga bahwa keanekaragaman itu menjadikan kekuatan untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa Indoneisa," kata Robert dalam khotbah perayaan Natal di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (24/12) malam.



Keanekaragamaan itu merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dikembangkan dan dilestarikan nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat.

Pesan Natal itu selalu hidup kesederhanaan, penuh kedamaian serta kasih sayang dan saling mencintai.

Para leluhur nenek moyang sejak dulu menerapkan toleransi di tengah perbedaan agama, suku, adat dan budaya, namun tetap hidup bersatu tanpa terjadi perpecahan.

Oleh karena itu, umat Kristiani selalu menebar kasih sayang dan kedamaian guna mewujudkan kesejahteraan.

Bahkan, saat ini keutuhan NKRI semakin kuat di tengah keanekaragaman tersebut.Perjalanan bangsa Indonesia merdeka dibangun berdasarkan kesepakatan di tengah keanakeragaman tersebut dengan toleransi saling mencintai, menghargai dan menghormati.

"Kita berharap toleransi itu terus dikembangkan dan dilestarikan di masyarakat untuk keutuhan NKRI semakin kuat. Kita jangan sampai seperti negara India yang hingga kini rakyatnya terjadi gejolak," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya juga merasa prihatin dengan merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia sehingga berdampak terhadap kehidupan masyarakat.

Dampak wabah tersebut sangat luas sekali, bahkan perekonomian juga tidak stabil dan banyak warga kesulitan untuk memenuhi kehidupan keluarga.Karena itu, pihaknya dalam perayaan Natal juga menyalurkan bantuan kepada jemaat yang terdampak COVID-19 tersebut.

"Kami berharap bantuan itu dapat meringankan beban ekonomi para jemaat," katanya seperti dilansir Antara.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto