Netral English Netral Mandarin
12:33 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Memaknai Tema Natal 2020, Menag: Tuhan Menyertai Kita di Masa-masa Sulit Akibat Covid-19

Jumat, 25-December-2020 06:30

Ucapan selamat Natal dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Foto : Kanal YouTube Kemenag RI
Ucapan selamat Natal dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tema Natal 2020 mengingatkan bahwa penyertaan Tuhan senantiasa menaungi dalam masa-masa sulit seperti saat ini, di mana dunia termasuk Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

Adapun Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menetapkan tema Natal 2020 dengan mengutip ayat dari Matius 1:23 yang bunyinya "Mereka akan menamakan Dia Imanuel!". Kata Imanuel dalam bahasa Ibrani berarti Allah beserta kita.

"Saudara sebangsa dan setanah air khususnya umat Kristiani yang berbahagia, Natal tahun ini mengusung tema Mereka Akan Menamakan-Nya Imanuel," kata Menag dalam sambutan Natal 2020 yang diunggah di kanal YouTube Kemenag RI, Kamis (24/12/2020).



"Melalui tema Natal ini kita diingatkan bahwa penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa ada menaungi kita sekalian. Kita memiliki harapan dan pertolongan sekalipun berada di masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu kemudian mengajak umat Kristiani agar Natal 2020 dirayakan secara sederhana, tidak berlebih-lebihan serta lebih menekankan persekutuan dan berbagi kasih di tengah-tengah keluarga.

"Sebagaimana Yesus Kristus yang lahir sebagai pengajar kebaikan, kesederhanaan, dan sosok yang memberi perhatian kepada kaum lemah serta cinta kasih kepada sesama, kami mengajak semua pihak agar perayaan Natal tahun ini hendaknya dilaksanakan secara sederhana, tidak berlebih-lebihan serta lebih menekankan persekutuan dan berbagi kasih di tengah-tengah keluarga," ucap dia.

Lebih jauh, Menag menghimbau kepada umat Kristiani dan segenap umat beragama untuk ikut berpartisipasi dalam menciptakan suasana damai dan harmoni.

"Melalui semangat Natal, kami menghimbau seluruh umat Kristiani khususnya dan segenap umat beragama untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana damai dan harmoni seraya terus mendukung pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan," ujar Gus Yaqut.

Mengakhiri sambutannya, Gus Yaqut selaku Menteri Agama dan atas nama pribadi mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2020 kepada segenap umat Kristiani Indonesia.

"Kiranya damai, sukacita dan kebahagiaan Natal senantiasa menyertai kita sekalian dan membangkitkan semangat untuk mewujudkan kehidupan yang penuh damai dan bersahabat," tutupnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP