Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:45wib
Polisi menduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar sejumlah fasilitas umum di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, lantaran sempat dijadikan sebagai Posko Komando Taktis alias Pos Kotis. Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.
Wamendag Jerry Ingatkan Pentingnya SRG bagi Keberlanjutan Usaha

Selasa, 29-December-2020 19:40

Pentingnya SRG bagi Keberlanjutan Usaha.
Foto : Kemendag
Pentingnya SRG bagi Keberlanjutan Usaha.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meresmikan sistem resi gudang (SRG) komoditas ayam karkas beku di gudang SRG milik PT Arwinda Perwira Utama di Cianjur, Jawa Barat.

Wamendag berharap, SRG ayam karkas beku nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan pelaku usaha dalam rantai bisnis komoditas ayam, utamanya para peternak mandiri.

 “Implementasi SRG ini bertujuan meningkatkan distribusi dan mendukung para pelaku usaha agar dapat menyimpan komoditas yang dimilikinya di dalam gudang SRG. Dengan SRG, para pelaku usaha juga dapat membudidayakan dan memanfaatkan komoditas yang dimiliki mereka tersebut, ” ujar Wamendag Jerry, dalam siaran persnya, Selasa, (29/12/2020).

Wamendag Jerry juga menyampaikan, peresmian SRG ayam karkas beku milik PT Arwinda Perwira Utama di Cianjur ini menjadi wujud kontribusi pelaku usaha untuk mendukung pelaku usaha lainnya, termasuk usaha kecil menengah (UKM). “Hal ini merupakan bentuk sumbangsih konkret yang diberikan para pelaku usaha terhadap perdagangan Indonesia,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten II Bupati Cianjur Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanto Hartono yang mewakili Bupati Cianjur; Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sidharta Utama; Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi; Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia, Fajar Wihiyadi; Presiden Direktur Perwiratama Group, Cecep M. Wahyudin; Direktur PT Arwinda Perwira Utama, Sahid; Pimpinan Bank BJB Kantor Cabang Cianjur, Arris Mirawan; Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, Roy N. Mandey; dan Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Cianjur Nana Rukmana yang mewakili Kepala Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur. Peresmian SRG ini merupakan implementasi SRG ayam karkas beku yang kedua. Implementasi pertama SRG ayam karkas beku telah dioperasikan di Bekasi oleh PT Atma Mulya Jaya pada 22 Juli 2020 lalu.

Wamendag Jerry berharap pengimplementasian SRG dapat dimanfaatkan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga dalam mempersiapkan komoditas-komoditas unggulan Indonesia agar dapat menembus pasar internasional. “Kemendag terus mendorong agar komoditas potensial Indonesia dapat terus dikembangkan dan difasilitasi dengan SRG,” imbuh Wamendag Jerry.

Sementara itu, Kepala Bappebti Sidharta Utama mengatakan skema SRG yang dikembangkan PT Arwinda Perwira Utama ini akan memberikan manfaat bagi semua pihak dalam tata niaga. Produsen bisa memperoleh insentif dari usaha peternakannya berupa harga jual yang layak dan stabil serta mendapatkan akses pembiayaan usaha yang mudah dan murah. Sedangkan di sisi distributor dan ritel, pola SRG akan memberikan kepastian ketersediaan stok dengan harga yang kompetitif melalui kontrak pengadaan dengan para produsen.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani