Netral English Netral Mandarin
01:37 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Komentari Menag, Pigai: Saya Tidak Butuh Ucapan Natal yang Tidak Tulus Atau Berlebihan

Senin, 28-December-2020 13:00

Menag Yakut
Foto : Youtube
Menag Yakut
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigaimenyebut dirinya tidak membutuhkan ucapan Natal dari orang yang 'tidak tulus' ataupun 'berlebihan' dari non Kristiani.

Menurut Natalius, sebaiknya orang-orang yang tidak tulus dan berlebihan itu menjalankan saja agamanya dengan benar.

Hal tersebut disampaikan Pigai di akun Twitter-nya dalam mengomentari pemberitaan media soal ucapan selamat Natal 2020 dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.



"Ayahku Protestan Kingmi & Ibu Katolik. Saya tegas! tidak butuh ucapan Natal, baik “tidak tulus” juga “berlebihan” dari luar Kristiani. Jalankan saja agamamu dengan benar," tulis @NataliusPigai2, Minggu (27/12/2020).

Lebih lanjut, mantan Komisioner Komnas HAM itu mengaku jarang merespons ucapan Natal dari non Kristiani.

"Tiap ucapan Natal dari non Kristiani jarang saya respons karena itu forum internum (urusan kami), bukan forum externum (urusan kita)," kata Natalius Pigai.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  mengucapkan selamat Natal 2020 melalui video yang diunggah di akun Twitternya, @YaqutCQoumas, Kamis (24/12/2020).

Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu, Menag menyinggung soal makna dari tema Natal 2020 yang dikutip dari ayat Alkitab Matius 1:23 yang bunyinya "Mereka akan menamakan Dia Imanuel!".

Gus Yaqut juga menyampaikan pesan, harapan dan himbauan kepada umat Kristiani yang merayakan Natal di tengah pandemi Covid-19.

Berikut ucapan Natal Menteri Agama seperti dikutip dari video yang diunggah di akun @YaqutCQoumas.

Saudara sebangsa dan setanah air khususnya umat Kristiani yang berbahagia, Natal tahun ini mengusung tema "Mereka Akan Menamakan-Nya Imanuel".

Melalui tema Natal ini kita diingatkan bahwa penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa ada menaungi kita sekalian. Kita memiliki harapan dan pertolongan sekalipun berada di masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini.

Sebagaimana Yesus Kristus yang lahir sebagai pengajar kebaikan, kesederhanaan, dan sosok yang memberi perhatian kepada kaum lemah serta cinta kasih kepada sesama, kami mengajak semua pihak agar perayaan Natal tahun ini hendaknya dilaksanakan secara sederhana, tidak berlebih-lebihan serta lebih menekankan persekutuan dan berbagi kasih di tengah-tengah keluarga.

Melalui semangat Natal, kami menghimbau seluruh umat Kristiani khususnya dan segenap umat beragama untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana damai dan harmoni seraya terus mendukung pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan.

Mengakhiri sambutan ini, saya selaku Menteri Agama dan atas nama pribadi mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2020 kepada segenap umat Kristiani Indonesia.

Kiranya damai, sukacita dan kebahagiaan Natal senantiasa menyertai kita sekalian dan membangkitkan semangat untuk mewujudkan kehidupan yang penuh damai dan bersahabat.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani