Netral English Netral Mandarin
00:50 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Dukung Tanggap Pandemi Covid-19, PT PII Sumbang Ventilator ke Pemprov Jatim

Senin, 21-December-2020 17:05

Serah terima bantuan ventilatof dari PT PII kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
Foto : Istimewa
Serah terima bantuan ventilatof dari PT PII kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
12

SURABAYA, NETRALNEWS.COM - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII bersama Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), pada Kamis pekan lalu lalu menggelar acara serah terima bantuan peralatan medis guna tanggap Pandemi COVID-19 dalam bentuk dua unit alat bantu pernafasan (ventilator) kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Acara serah terima yang berlangsung di kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur tersebut dihadiri dan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur dan juga Direktur Utama PT PII, M Wahid Sutopo yang menyampaikan sambutannya secara daring. 



Bantuan CSR yang diberikan adalah berupa dua unit alat bantu pernafasan (ventilator). Ventilator tersebut tipe portabel Vent-I karya anak bangsa, yakni hasil karya Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) dan YPM Salman, yang telah dinyatakan lolos uji.

Vent-I merupakan ventilator dengan fungsi memberikan udara bertekanan konstan ke paru-paru secara kontinyu atau dikenal dengan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP). Ditujukan untuk membantu pernapasan pasien Covid-19 yang mengalami sesak namun masih mampu bernapas secara mandiri. Sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat mencegah kondisi pasien menjadi lebih buruk.

Wahid Sutopo mengatakan menyampaikan, pemberian bantuan ventilator menjadi salah satu bentuk kontribusi PT PII untuk mendukung upaya tenaga medis di rumah sakit wilayah Provinsi Jawa Timur dalam menangani pasien terpapar Covid-19. 

“Di tengah kondisi pandemik seperti sekarang ini, ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Mengingat kebutuhan yang terus meningkat sedangkan harga ventilator yang cukup tinggi, banyak rumah sakit yang membutuhkan persediaan ventilator untuk memudahkan penanganan pasien, khususnya yang mengalami gangguan pernapasan. Semoga adanya bantuan ventilator ini dapat membantu rumah sakit dan tenaga medis,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP