Netral English Netral Mandarin
06:02 wib
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto menggugat pemerintah Indonesia membayar ganti rugi sebesar Rp56 miliar terkait penggusuran dalam proyek pembangunan Tol Depok-Antasari di Jakarta Selatan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengonfirmasi bahwa Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) jadi Kapolri pada Rabu (27/1).
Resmi Ditahan, Habib Rizieq Acungkan Dua Jempol

Minggu, 13-December-2020 03:18

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari.
Foto : Antara
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Habib Rizieq Shihab (HRS) resmi ditahan Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12/2020) dini hari.

Penahanan dilakukan setelah penyidik Polda Metro Jaya memeriksa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu selama kurang lebih 14 jam.

Habib Rizieq yang keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) sekitar pukul 00.25 WIB, terlihat mengenakan rompi tahanan berwarna oranye dan dalam kondisi tangan diborgol.



Habib Rizieq langsung digiring aparat ke mobil tahanan untuk dibawa ke Rutan Polda Metro Jaya.

Sambil berjalan menunju mobil tahanan, Habib Rizieq terlihat sempat mengacungkan tangan dan dua jempolnya ke atas.

Seperti diketahui, pada Selasa (8/12/2020), Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara kasus kerumunan massa di acara penikahan putri Habib Rizieq pada 14  November lalu di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Usai gelar perkara, Polda Metro Jaya kemudian menetapkan enam orang sebagai tersangka pada Kamis (10/12/2020). "Dari hasil gelar perkara menyimpulkan ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Yusri menyebut, keenam tersangka adalah Habib Rizieq selaku penyelenggara acara, Haris Ubaidillah selaku ketua panitia acara, sekretaris panitia inisial A, MS selaku penanggung jawab bidang keamanan, SL selaku penanggung jawab acara dan HI selaku seksi acara.

Dalam perkara ini, Habib Rizieq dijerat dengan pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP. Pasal 160 KUHP dikenal dengan pasal tindak pidana penghasutan dengan ancaman penjara paling lama enam tahun.

"Yang pertama sebagai penyelenggara Saudara MRS sendiri. Disangkakan Pasal 160 dan 216 (KUHP)," ujar Yusri.

Setelah berstatus tersangka, Habib Rizieq Shihab mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin (12/12/2020) sekitar pukul 10.25 WIB.
Sebelum ke Polda Metro Jaya, Habib Rizieq sempat membuat pengumuman terkait kedatangannya tersebut.

"Pada malam ini saya umumkan untuk seluruh anak bangsa, Insya Allah
besok, hari Sabtu, tanggal 12 Desember 2020 di pagi hari, saya bersama pengacara akan datang ke Polda Metro Jaya, Insya Allah," kata Habib Rizieq dalam video yang diunggah di Front TV pada Sabtu (12/12/2020) dini hari.

Menurut Habib Rizieq, kedatangannya ke Polda Metro Jaya hari ini adalah menunjukkan komitmennya sebagai warga negara yang baik dan patuh pada prosedur hukum yang berlaku.

"Jadi saya mau menunjukkan bahwa kita tetap punya komitmen untuk menjadi warga negara yang baik, untuk patuh hukum, untuk ikut melaksanakan dari prosedur hukum yang ada," ucap dia.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati