Netral English Netral Mandarin
21:21 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Rizieq Minta Hasil Tes Swab Dirahasiakan, DS: Bego Kan? Kalo Gini Malah Ketawan

Senin, 30-November-2020 10:16

Rizieq Shihab diminta jujur soal penyakitnya.
Foto : PA 212
Rizieq Shihab diminta jujur soal penyakitnya.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hasil Swab Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab yang dilakukan secara pribadi dari MER-C, sudah keluar. Namun hasil swab yang dilakukan itu dirahasiakan kepada publik demi menghindari politisasi.

Keputusan Rizieq Shihab yang merahasiakan hasil swab mendapat tanggapan dari pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar. Menurutnya, keputusan Rizieq tersebut keputusan yang bodoh.

"Bego, kan ? Kalo gini malah ketahuan kalo die itu positipppp.. Kalo negatip, pasti diumumkan," kata Denny dalam akun Twitternya, @Dennysiregar7.



Sementara itu Kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar mengatakan, tidak dipublikasikannya hasil swab merupakan hak dari setiap orang termasuk Habib Rizieq.

"Saya sudah jelaskan tadi itu, adalah hak dari pasien, sudah ada saatnya nanti beliau akan memberitahukannya. Akan tetapi saat ini itu adalah hak dari beliau untuk menyatakan tidak mengizinkan hasil untuk diberitahukan," imbuhnya.

Terkait upaya swab yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor, ia menyebut sebagai upaya politisasi terhadap kondisi kesehatan Habib Rizieq.

"Urgensinya apa? sekarang memang tidak hanya beliau, Yang lain tidak ada? Setahu saya berkali-kali hasil swab hasil pemeriksaan dulu beberapa kali nama pasien dirahasiakan hasilnya positif negatif seperti itu," kata Aziz.

"Artinya kenapa ini getol banget khusus Habib Rizieq, ada apa? Janganlah permasalahan kesehatan permasalahan kemanusiaan ini dipolitisasi gitu demi memanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan, apa lagi unsurnya kebencian dan ketidaksukaan," jelasnya.

"Ya itu kita harap tidak. Artinya kita tetap kemanusiaan dan kesehatan serta hukum dikedepankan," sambung Aziz.

Terlepas dari kerahasiaan hasil swab ini, Aziz memastikan Habib Rizieq dalam kondisi sehat. Namun ia meminta keterangan kondisi kesehatannya lebih lanjut dapat mengkonfirmasi ke pihak rumah sakit.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : sulha