Netral English Netral Mandarin
18:54 wib
Sony Pictures mengumumkan tunda perilisan film baru mereka. Film Cinderella yang sedianya dijadwalkan rilis pada 5 Februari 2021 diundur ke 16 Juli 2021. Film Ghostbusters: Afterlife juga diundur. Kementerian Kesehatan menegaskan, hampir tak mungkin seseorang yang divaksin Sinovac terinfeksi virus corona karena vaksin. Sebab, vaksin tersebut berisi virus mati.
Ucapan Natal Menag Buat Netizen Terharu dan Merinding: Kado Natal Terindah Tahun Ini

Jumat, 25-December-2020 08:30

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 
Foto : Kanal YouTube Kemenag RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas  mengucapkan selamat Natal 2020 melalui video yang diunggah di akun Twitternya, @YaqutCQoumas, Kamis (24/12/2020).

Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu, Menag menyinggung soal makna dari tema Natal 2020 yang dikutip dari ayat Alkitab Matius 1:23 yang bunyinya "Mereka akan menamakan Dia Imanuel!".

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu, juga menyampaikan pesan, harapan dan himbauan kepada umat Kristiani yang merayakan Natal di tengah pandemi Covid-19.



Berikut ucapan Natal Menteri Agama seperti dikutip dari video yang diunggah di akun @YaqutCQoumas.

Saudara sebangsa dan setanah air khususnya umat Kristiani yang berbahagia, Natal tahun ini mengusung tema "Mereka Akan Menamakan-Nya Imanuel".

Melalui tema Natal ini kita diingatkan bahwa penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa ada menaungi kita sekalian. Kita memiliki harapan dan pertolongan sekalipun berada di masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini.

Sebagaimana Yesus Kristus yang lahir sebagai pengajar kebaikan, kesederhanaan, dan sosok yang memberi perhatian kepada kaum lemah serta cinta kasih kepada sesama, kami mengajak semua pihak agar perayaan Natal tahun ini hendaknya dilaksanakan secara sederhana, tidak berlebih-lebihan serta lebih menekankan persekutuan dan berbagi kasih di tengah-tengah keluarga.

Melalui semangat Natal, kami menghimbau seluruh umat Kristiani khususnya dan segenap umat beragama untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana damai dan harmoni seraya terus mendukung pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan.

Mengakhiri sambutan ini, saya selaku Menteri Agama dan atas nama pribadi mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2020 kepada segenap umat Kristiani Indonesia.

Kiranya damai, sukacita dan kebahagiaan Natal senantiasa menyertai kita sekalian dan membangkitkan semangat untuk mewujudkan kehidupan yang penuh damai dan bersahabat.

Dilihat netralnews.com di akun Twitter, @YaqutCQoumas, Jumat (25/12/2020) pagi, video ucapan Natal Menteri Agama itu telah ditonton sebanyak 670 ribu kali, disukai 23 ribu netizen, di-retweet 13 ribu kali, dan 1.400 lebih komentar.

Pada kolom komentar, banyak netizen yang memuji, terharu hingga merinding dengan ucapan Natal yang disampaikan Gus Yaqut. Bahkan, ada netizen yang menganggap ucapan Menag itu sebagai kado Natal terindah tahun ini. 

Berikut beberapa komentar netizen di akun Twitter Menteri Agama @YaqutCQoumas.

"Terharu banget. Makasih banyak pak!," tulis @JeromePolin.

"Saya terharu menyimak ucapan pak menteri. saya Umat Hindu ikut senang terhadap "pengakuan" seutuhnya terhadap saudara Kristiani. adem. nyesssss merinding. Selamat natal saudaraku kristiani," ungkap @squidward_nih.

"Adem bener. Selamat merayakan Natal bagi umat Kristiani yg kebetulan baca komen ini," kata @OmDennis.

"Saya seorang Muslim pun merinding nonton videonya. Alhamdulillah akhirnya punya Menteri untuk semua agama.Selamat Natal untuk sahabat-sahabat umat Kristiani. Have a very blessed Christmas," komentar @tercelup.

"Meski saya bukan umat Kristiani, menyaksikan "pidato indah" ini, menitik air mata saya. Terimakasih dan sungkem saya untuk gus @Ansor_Satu," ungkap @dimas_skeptis.

"Terima kasih, pak. Seneng mendengarnya dan kami dipanggil umat Kristiani, tidak malu menyebutkan Yesus Kristus dan mengganti sebutan non Muslim menjadi "umat beragama". Tuhan memberkati kita semua," tulis @batagorcrispy.

"Pemilihan kata yang dipakai beliau menunjukkan watak tulus dia sebenarnya. Mudah-mudahan ada harapan bagi perbaikkan toleransi. Selama ini presiden @jokowi terkesan diam saja dlm hal intoleransi yg merebak. Suatu langkah pertama yg bagus buat gus @Ansor_Satu," balas @HansOttawa2012.

"Seperti oase di padang pasir. Menyejukkan dan menghilangkan dahaga kami akan rasa toleransi di negeri ini. Terimakasih pak menteri. Semoga damai Tuhan Yesus senantiasa menyertai bapak sekeluarga. (saya ngetik sambil berkaca-berkaca saking bahagianya," komentar@ErnieVincentia.

"Gue yang muslim aja merinding ini dengernya. Akhirnya punya menteri agama yang bisa mewakili negara kita yang agamanya gak cuma 1 doang. Semoga begini terus yaa pak menteri dan semoga amanah dalam tugas-tugas ke depannya," kata @ulfdzy.

"Kado natal terindah tahun ini. Mendapat kan seorang pak mentri agama yang tanpa ragu-ragu mengucapkan selamat natal bagi kami yang merayakannya. Teladan yang baik pak. Terimakasih," kata @kurniapramita.

"Sederhana tapi entah kenapa menyentuh sekali denger Menag "selantang" ini mengucapkan Natal. Terima kasih, Gus..Selamat Natal buat yang merayakan, dan selamat berlibur (DI RUMAH!!) buat yang tidak merayakan. Berkah Dalem," tulis @edwintandayu.

"Terimakasih sudah menjadi oase di tengah mulai runtuhnya rasa kepercayaan saya pribadi terhadap pemerintah dalam masalah toleransi beragama. I pray God will bless you, Sir. Dan selamat bekerja. Anda berhasil memenangkan hati lebih banyak orang untuk berdoa bagi Anda," ungkap @Juli83215905. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP