Netral English Netral Mandarin
21:34 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Inilah Tempat Wisata Gunung Kidul Paling Keren

Minggu, 03-January-2021 06:00

Keindahan Skyview di Gunung kidul.
Foto : Netralnews/Sulha
Keindahan Skyview di Gunung kidul.
13

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM – Mendengar kata Gunung Kidul yang terbayang adalah sebuah pegununan gersang, tandus dan panas. Ups!, itu mungkin beberapa tahun lalu saat tempat ini seperti kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat ataupun pemangku kepentingan industri pariwisata.

<!--[if !supportLists]-->

Datangkah saat ini ke Gunung Kidul saat ini. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan beragam destinasi wisatanya.Yogyakarta merupakan destinasi wisata populer di Indonesia. Berapa kalipun berlibur ke tempat ini, selalu ada rasa rindu untuk kembali. Tak salah jika KLA Project membuat lagu Yogyakarta.

Baca Juga :


Dari sekian banyak destinasi wisata yang dimilikinya, salah satu daerah yang cukup menarik untuk Anda jelajahi adalah Kabupaten Gunung Kidul.Setidaknya, ada tiga alasan yang mengharuskan Anda berwisata ke Gunung Kidul. Pertama, pemandangan yang memesona terutama pantainya. Kedua, bujet yang lebih hemat karena banyak objek wisata di Gunung Kidul mematok tiket masuk yang murah. Ketiga, masih banyak potensi wisata Gunung Kidul yang belum ter-expose sehingga menggelitik untuk dijelajahi.

Untuk Anda yang sedang berencana liburan ke Gunung Kidul, intip rekomendasi tujuan wisata Gunung Kidul terbaik dan panduan untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Inilah wisata Gunung Kidul yang keren dan wajib Anda datangi.

1. Heha atau Skyview

Tak ada habis-habisnya pesona Yogya bagi para wisatawan. Tak jauh dair pusat kota Yogya, dan hanya membutuhkan seksitar satu jam perjalanan, Anda akan menemukan tempat yang keren dan paling baru di Gunung Kidul.

Mengdengar namanya, kalian pasti bertanya-tanya, “HeHa? Nama “HeHa” ini bukan berarti gelak tawa terbahak-bahak. Nama ini adalah adalah gabungan dari nama depan dua ownernya yaitu Herry dan Handoyo.

Sedangkan “Sky View” itu berarti tempat ini berada di kawasan bebukitan dengan pemandangan alam menawan yang sungguh memanjakan mata. Anda bakalan merasakan ketinggian di atas awan dengan sensasi anginnya yang menyejukkan.  Jangan lewatkan melihat matahari terbenam nan cantik.HeHa Sky View menyuguhkan pemadangan berbeda dari tempat wisata lainnya. Sebuah resto modern tiga lantai yang pasti bakalan mewarnai pengalaman Anda di sini.

Dengan konsep swafoto backgorund landscape alam dan taman, pasti bakalan bikin Anda  kecanduan datang ke sini untuk hanting sunset, menikmati keindahan alam di perbukitan Gunungkidul, dan menikmati kuliner lezatnya.

Resto ini bakapan jadi pilihan tepat tepat sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan liburan Anda Tentu sangat cocok untuk menghangatkan suasana kekeluargaan ataupun pesahabatan.

2. Gunung Ireng Patuk

Tujuan wisata Gunung Kidul lainnya yang perlu Anda sambangi adalah Gunung Ireng Patuk. Meski namanya gunung, jangan bayangkan sulitnya mendaki, sebab untuk mencapai puncak dari objek wisata di Gunung Kidul ini, kamu hanya butuh mendaki selama 5 menit dari pintu masuknya.

Destinasi tempat wisata di Gunung Kidul ini adalah sebuah bukit yang menjadi puncak tertinggi di sebuah desa di Gunung Kidul. Karena lokasinya yang tinggi, para pelancong kerap mengunjungi objek wisata Gunung Kidul ini untuk menikmati panorama matahari terbitnya yang cantik. Apalagi alamnya yang masih asri dikelilingi hutan dan pepohonan jati membuat atmosfer di tempat ini tak cuma indah namun menyegarkan.

Jika Anda tertarik datang ke Gunung Ireng Patuk, dari Yogyakarta harus berkendara sejauh 13,9 kilometer atau sekitar 35 menit berkendara via Jl Pleret-Patuk. Gunung Ireng Patuk berada di kawasan Desa Pengkok Kecamatan Patuk.

Jangan lupa, siapkan uang Rp3.000 untuk satu orang pengunjung. Biaya tambahan lain adalah biaya parkir motor sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 bagi mobil.

3. Goa Jomblang

Gunungkidul memiliki banyak destinasi goa yang bisa dijelajahi, salah satunya adalah Goa Jomblang. Berbeda dengan goa pada umumnya, Goa Jomblang merupakan goa vertikal sehingga kamu bisa mendapatkan atmosfer yang sangat dramatis dan eksotis.

Objek wisata di Gunung Kidul ini memiliki kedalaman mencapai 60 hingga 80 meter yang bisa Anda jelajahi. Berbagai pemandangan menakjubkan bisa ditemukan selama menjelajahi tujuan wisata di Gunungkidul ini termasuk sebuah sungai yang mengalir di dasar goa.

Jika Anda ingin menjelajahi Goa Jomblang, Anda akan dikenakan tarif Rp. 450.000 hingga Rp.1.000.000. Harga ini sudah termasuk dengan jasa pemandu dan berbagai peralatan caving dan keamanannya sehingga tak heran jika tarif tersebut cukup tinggi.

Berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, objek wisata Gunung Kidul ini bisa dicapat dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan rute Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – kemudian menuju ke Wonosari dan dielanjutkan ke Desa Pacareja.

Disarankan untuk mengunjungi destinasi wisata di Gunung Kidul ini pada pagi hari karena pemandangan pagi yang cerah selama perjalanan menuju tempat wisata di Gunung Kidul ini sangat menarik untuk dinikmati.

4. Gunung Bagus Paliyan

Destinasi wisata alam Gunung Kidul berikutnya adalah Gunung Bagus Paliyan. Gunung yang sebenarnya adalah bukit ini juga dikenal dengan sebutan bukit Teletubbies. Alasannya karena bentuk objek wisata di Gunung Kidul ini seperti bukit dalam dunia Teletubbies, tokoh dalam serial televisi anak-anak yang booming pada tahun 2000-an.

Untuk mencapai lokasin objek wisata di Gunung Kidul yang berada di Desa Giring ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 37,4 Kilometer yang memakan waktu satu jam berkendara dari Yogyakarta.Gunung Bagus Paliyan banyak dikunjungi karena view-nya yang Instagramable dan asri. Gunung Bagus Paliyan tampak hijau karena dikelilingi ladang pertanian warga. Dan, waktu terbaik mengunjungi destinasi wisata di Gunung Kidul ini adalah pada pagi hari yakni ketika matahari belum terlalu terik dan udara masih terasa segar.Untuk masuk ke area wisata Gunung Kidul satu ini pengunjung hanya dikenakan biaya Rp2.000 untuk motor atau Rp3.000 untuk mobil yang diparkir di sekitar area.

5. Gunung Api Purba Nglanggeran

Rekomendasi objek wisata di Gunungkidul selanjutnya adalah geopark Gunung Kidul ini menjadi salah satu tujuan terbaik untukmu yang gemar mendaki dan hiking. Geopark Gunung Sewu sendiri telah diakui Global Geopark Network sehingga keindahannya memang sebanding dengan berbagai Geopark di belahan dunia lainnya.

Para pendaki Gunung Api Purba Nglanggeran kerap datang untuk menyaksikan matahari terbit. Jadi, jangan kaget jika objek wisata di Gunungkidul ini sudah ramai sejak pagi hari. Tak sedikit juga yang mendirikan tenda di bagian barat puncak gunung ini.

Bagi Anda yang ingin mencapai puncak dari objek wisata Gunung Kidul ini, waktu tempuh mendaki adalah 50-60 menit. Jadi pastikan kondisi tubuh Anda prima karena jalur pendakiannya cukup menantang. Track-nya pun bervariasi mulai dari conblock, jalan setapak, hingga lorong sempit yang diapit dua batu raksasa.

6. Air Terjun Luweng Sampang

Selain perbukitan, destinasi wisata di Gunung Kidul lainnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Air Terjun Luweng Sampang. Air Terjun ini mirip lokasi wisata Amerika Serikat terkenal yakni Grand Canyon. Hanya saja ukuran Air Terjun Luweng Sampang lebih mini yang terlihat dari ketinggian air terjun yang tidak lebih dari 5 meter.

Keunikan dari objek wisata di Gunung Kidul satu ini adalah posisinya yang diapit bebatuan kapur Gunung Kidul. Kolam kolam air pun terlihat indah di tengah pemandangan karst bermotif garis alami bebatuan.

Untuk Anda yang berjiwa petualang, Anda bisa menyusuri sungai yang berada di bawah air terjun ini. Di sungai tersebut, kamu akan menemukan terowongan kecil yang konon dipercaya sebagai tempat pertapaan Sunan Kalijaga.

Waktu terbaik untuk datang ke destinasi tempat wisata di Gunung Kidul ini adalah saat musim hujan. Pada saat itu, debit air terjun akan turun lebih banyak dan deras sehingga pemandangan akan lebih cantik.

Air Terjun Luweng Sampang berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul yang berjarak sekitar 26 Kilometer dari Yogyakarta. Anda  bisa melintasi Jl Ngoro Ombo untuk sampai ke Desa Sampang dengan waktu tempuh selama 1 jam berkendara.Sedangkan, untuk memasuki kawasan wisata Gunung Kidul ini, kamu hanya perlu membayar parkir senilai Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.Air Terjun Sri Gethuk

7. Air Terjun Sri Gethuk

Gunung Kidul memang dikenal sebagai daerah tandus saat musim panas tiba, namun Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul justru tidak pernah kering dan terus mengalir di musim kemarau sekalipun. Pesona objek wisata Gunung Kidul ini juga tak surut sekalipun debit air berkurang karena kemarau.

Air Terjun Sri Gethuk ini diapit batuan kapur memiliki tinggi sekitar 50 Meter. Airnya yang turun ke bebatuan karst kemudian membentuk kolam besar yang menyambung dengan sungai. Dikelilingi pepohonan hijau dan airnya sangat jernih membuat atmosfer di objek wisata di Gunung Kidul ini sangat menyegarkan!Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan saat berkunjung ke destinasi wisata Gunung Kidul satu ini, mulai dari: berenang, body rafting di Sungai Oya, hingga berfoto-foto. Anda juga bisa mencoba cliff jumping atau canoying dari bebatuan tinggi yang berada di air terjun.

Air Terjun Sri Gethuk dapat ditempuh dengan berkendara selama 44 menit dari Yogyakarta. Rute tersebut melewati Jl Patuk-Dlingo untuk sampai di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul yang menjadi lokasi objek wisata di Gunung Kidul ini.

8.Pantai Baron

Jalan-jalan ke Gunung Kidul tidak lengkap bila melewatkan Pantai Baron, Gunung Kidul. Pantai ini ramai dikunjungi pelancong karena keunikan konturnya yang membentuk huruf U. Huruf U pada Pantai Baron bukan tanpa arti. Dua jenis air di pantai ini yakni air tawar dan air asin lah yang menjadikan garis pantai Baron berbeda.

Pada sisi barat, air Pantai Baron adalah air tawar yang berasal dari sungai sepanjang ratusan meter yang bermuara di pinggir pantai.Saat siang hari, warna air tawar terlihat hijau dan jernih dan menarik banyak wisatawan untuk mengambil foto di sekitar sungai. Sedangkan air asin pantai terletak pada sisi lain pantai yang menampakkan warna biru.

Selain bermain air di pantai, kegiatan yang bisa dilakukan adalah mendatangi mercusuar di atas bukit Pantai Baron. Dari atas mercusuar akan terlihat pemandangan laut yang indah. Anda juga bisa melihat kapal-kapal nelayan berjejer rapi. Selain itu, kamu juga bisa melihat pulau karang kecil di tengah area wisata Gunungkidul ini.

Tertarik datang ke Pantai Baron? Objek wisata di Gunungkidul satu ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya dari kota Yogyakarta adalah sejauh 49 Kilometer.

Jarak tersebut dapat ditempuh dengan berkendara selama 1 jam 16 menit lewat Jl Payen Dlingo. Untuk masuk ke Pantai Baron, kamu akan dikenakan biaya senilai Rp10.000 untuk satu orang, tapi biaya tersebut belum termasuk wisata ke mercusuar sebesar Rp2.000 dan biaya parkir senilai Rp2.500 untuk mobil dan Rp1.000 untuk motor.

9. Pantai Timang

Selain Pantai Baron, ada Pantai Timang yang nggak kalah menarik untuk disambangi. Pantai dengan ikon jembatan gantung, gondola dan bukit karang ini amat direkomendasikan untuk masuk itinerary liburanmu ke Gunung Kidul.

Objek wisata pantai di Gunung Kidul ini memang bukan pantai yang bisa direnangi, namun pemandangannya yang eksotislah yang jadi daya tariknyua. Laut biru dengan ombak tinggi yang dipecahkan bebatuan karang menjadi pemandangan spektakuler yang bisa Anda nikmati.Salah satu wahana rekreasi yang tersedia di tempat wisata Gunung Kidul ini adalah kereta gantung dan juga jembatan gantung yang memungkinkanmu menyaksikan ganasnya ombak di Pantai Timang dari ketinggian.

Bagi Anda yang ingin mencoba gondola kayu tersebut, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp200.000. Atau jika hanya ingin berfoto kamu akan dikenakan biaya senilai Rp50.000. Sedangkan untuk mencoba jembatan gantung biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp100.000 untuk satu orang. Biaya tersebut di luar tiket masuk Pantai Timang, yakni Rp10.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk parkir kendaraan bermotor kita.

Jika Anda ingin mencicipi sajian seafood, sejumlah warung di kawasan wisata Gunung Kidul ini bisa jadi pilihan yang cukup menarik karena menu yang disajikan merupakan hasil tangkapan nelayan setempat.

Lobster dan udang menjadi sajian spesial sejumlah warung makan di pantai ini. Hanya saja, untuk wisata kuliner di Pantai Baron kamu harus mengeluarkan kocek lebih dalam antara Rp350.000 hingga Rp500.000.

Lokasi Pantai Timang berada di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Gunung Kidul. Dari Yogyakarta, kamu bisa mencapai objek wisata Gunung Kidul ini dengan berkendara selama 2 jam 11 menit dengan jarak tempuh sejauh 71,9 Kilometer via Jl Imogiri-Dlingo.

10. Kalisuci Cave Tubing

Destinasi wisata di Gunung Kidul tidak pernah habis menawarkan sensasi bertualang yang menantang. Salah satu kegiatan yang bisa jadi alternatif menantang adrenalin di

Gunung Kidul adalah Kalisuci Cave Tubing.Lokasi wisata petualangan Gunung Kidul ini berada di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul. Jika kamu berkendara dari Yogyakarta, waktu tempuh perjalanannya hanya 1 jam 10 menit berkendara melewati Jl Playen Dlingo.

Ada dua kegiatan menarik di Kalisuci Cave Tubing yang bisa kamu lakukan yakni: rafting dan berpetualang di gua. Pemandangan di objek wisata Gunung Kidul ini memang sangat cantik. Anda juga akan merasa seperti berada di zaman purba. Kalisuci dikelilingi bebatuan kapur dan sejumlah gua. Apabila kamu menyusuri sungai dengan berenang atau rafting, maka Anda akan melewati celah-celah goa.

Jika tertarik untuk menyusuri Kalisuci dengan rafting, biaya yang harus dibayar untuk satu orang adalah Rp120.000. Biaya ini sudah termasuk pemandu, tiket masuk, minuman dan snack hingga akomodasi.

11. Hutan Jati Banyusoco, Playen

Jika Anda liburan ke Gunung Kidul, jangan lewatkan wisata di tengah hutan Instagramable satu ini. Memasuki musim kemarau, pepohonan jati di kawasan wisata Gunung Kidul ini meranggas atau menggugurkan daunnya sehingga memberikan pemandangan layaknya musim gugur di negara-negara empat musim

Hutan Jati Banyusoco Gunung Kidul berlokasi di Jl Pacar II Desa Banyusoco yang berjarak 26,1 Kilometer dari Yogyakarta. Untuk sampai ke desa ini dibutuhkan waktu 1 jam dari kota Yogyakarta. Objek wisata di Gunung Kidul ini tidak memungut biaya, namun pastikan kamu tetap menjaga ketertiban dan kebersihannya, ya!

12. Watu Payung, Turunan, Panggang

Lanskap Gunung Kidul didominasi oleh perbukitan dan gunung yang indah. Nah, salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk melihat lansekap tersebut adalah Watu Payung, Turunan Panggang. Jika kamu ingin melihat lanskap hutan hijau di perbukitan luas dengan sungai yang menyusuri berbentuk seperti payung maka dapat melancong ke Watu Payung Turunan Panggang.

Objek wisata Gunung Kidul yang berlokasi di kawasan hutan dan perbukitan karst Padukuhan Turunan Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul ini kerap dikunjungi warga dan wisatawan karena pemandangannya yang unik.

Anda bisa datang saat musim kemarau datang atau musim hujan, karena pemandangan yang disajikan oleh objek wisata di Gunung Kidul ini sama-sama menakjubkan. Saat musim kemarau, sejauh mata memandang akan melihat kawasan hutan yang cokelat meranggas, sedangkan saat musim hujan akan melihat samudera kabut dari Watu Payung Turunan Panggang.

Untuk sampai ke tempat wisata Gunung Kidul ini dari Yogyakarta Anda harus menempuh jarak 24 Kilometer yang memakan waktu sekitar 40 menit lewat Siluk Panggang.Masuk ke Watu Payung Turunan Panggang kamu harus membayar Rp5.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk jika ingin mengambil foto di tiga spot yang disediakan pengelola tempat wisata di Gunung Kidul ini, kamu harus membayar Rp5.000 untuk mengambil foto dengan waktu maksimal 3 menit. Ingin beraktivitas lain seperti memanah? Anda harus mengeluarkan biaya tambahan Rp10.000 per orang.

Jadi tunggu apa lagi, persiapkan liburan awal tahun Anda untuk dapat ke tempat menarik di Gunung Kidul.

Reporter : Sulha
Editor : Widita Fembrian