Netral English Netral Mandarin
06:38wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Jika JKW Jadi Presiden Sampai 2027, Apa yang Anda Bayangkan? Mustofa: Utang Lunas, Indonesia Termaju Sedunia

Sabtu, 28-Agustus-2021 10:05

Mustofa Nahrawardaya
Foto : Twitter/Mustofa Nahrawardaya
Mustofa Nahrawardaya
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Isu amandemen UUD 1945 dan isu upaya memperpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo hingga 2027 masih tetap menjadi perdebatan di sosial media. 

Akun Gus Umar Al Chelsea @Umar_Hasibuan_ menggunggah pertanyaan:

“Apa yg kamu bayangkan kalau Jokowi amandemen UUD dan dia jadi presiden sampai 2027 dgn alasan pandemi?”

Pertanyaan itu ternyata ditanggapi Politikus Mustofa Nahrawardaya. 

“Utang Lunas. Gak ada impor. 10 juta lapangan kerja. Indonesia negara termaju sedunia,” akata Mustofa Nahrawardaya, Sabtu 28 Agustus 2021.

Sementara sebelumnya diberitakan, isu perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mereda dan ditepis pemerintah. Isu ini kini mencuat lagi.Sebelumnya, Arief Poyuono, mantan petinggi Partai Gerindra, mengaku mengusulkan perpanjangan masa jabatan presiden kepada orang-orang lingkaran Jokowi.

"Info itu sih sebenarnya ada benarnya, bahwasanya memang melihat situasi dari kondisi. Awalnya kan presiden tiga periode kan saya yang gagas. Saya lihat kebutuhan dari negara kita, apalagi kan sekarang ini COVID bertambah makin meningkat. Kita tahu ke depan seperti apa," kata Poyuono seperti dinukil detik.com, Selasa (22/6/2021).

Poyuono khawatir Pemilu 2024 membuat kondisi Indonesia semakin parah. Oleh karena itu, dia mengusulkan agar masa jabatan diperpanjang, yakni menjadi tiga periode melalui pemilu degan mengamendemen UUD 1945.

"Nanti kalau ada pemilu, yang saya takutkan tambah parah, dan pascapilpres sudah tidak ada lagi peduli dengan kondisi kita. Penting bagi kita mengubah konstitusi, yaitu melakukan amendemen 1945 dengan mengubah masa jabatan presiden periode tiga kali, tapi harus lewat pilpres," ujarnya. Namun, jika tidak memungkinkan adanya amendemen, Poyuono mengusulkan agar perpanjangan tetap dilakukan paling tidak selama tiga tahun. Perpanjangan itu tidak menggunakan amendemen tapi dengan dekrit presiden.

Poyuono mengaku telah menyampaikan usulan itu kepada orang-orang yang berada di lingkaran Jokowi. Poyuono menyebut perpanjangan masa jabatan presiden juga diiringi dengan perpanjangan masa jabatan anggota DPR.

"Orang di lingkaran Pak Jokowi kan kawan saya semua. Ya adalah diundang makan siang. Tapi ada ide-ide saya sampaikan kepada mereka kalau COVID ini bisa berlangsung lama, dan artinya akan terjadi perubahan politik. Karena itu, harus disiapkan rencana memperpanjang pemerintahan Jokowi, begitu juga legislatifnya," ujarnya.

Jubir Jokowi Buka SuaraJuru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menegaskan Jokowi menolak usul perpanjangan masa jabatan. "Jawaban kami tetap berpegang pada sikap Presiden Jokowi yang menolak wacana tiga periode maupun perpanjangan. Presiden setia pada konstitusi, demokrasi, dan reformasi," kata Fadjroel lewat pesan singkat, Rabu (23/6/2021).

Fadjroel menjelaskan Jokowi setia terhadap amanat reformasi. Selain itu, Jokowi akan selalu taat menjalankan konstitusi.

"Presiden mematuhi konstitusi UUD 1945," ujar Fadjroel.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani